Motor

Konsumsi Premium Supra X 125 Setelah Menempuh Perjalanan PP Kandangan – Malang

Yup, seperti janji saya di postingan kemarin, sekarang saya ingin share hasil tes konsumsi BBM (lagi) pada tunggangan saya dalam perjalanan ke Malang hari minggu kemarin. Motor Supra X 125 lansiran 2009 ini ternyata memang masih terbilang irit meskipun menempuh jalan yang menanjak khususnya di jalur Kandangan – Malang.

Berangkat dari kandangan kondisi tanki sudah penuh terisi premium sampai hampir luber, lalu jepret dulu odometer setelah pengisian BBM, menunjukkan angka 39364,5. Lanjutkan perjalanan menuju Kota Malang dengan rute menanjak dan berliku. Kali ini saya tidak ngebut hanya di kecepatan rata-rata 60 km/jam, begitu juga ketika perjalanan pulang.

Ketika perjalanan pulang sampai di SPBU Kasembon, saya mampir isi premium fulltank lagi untuk mengetahui berapa liter yang dibutuhkan setelah menempuh perjalanan PP dari Kandangan – Malang. Hasilnya adalah 2,439 liter lalu jepret odometer 39491,0.

Mari kita hitung, odometer akhir setelah pengisian premium menunjukkan angka 39491,0 lalu dikurangi odometer awal 39364,5 = 126,5 km. Jarak tempuh 126,5 dibagi 2,439 liter = 50,80 km.

Jadi dalam 1 liter, motor saya dapat menempuh 50,80 km dengan kondisi jalan yang menanjak. Masih sama ketika dulu saya tes harian dengan metode yang sama, cukup irit lah :D. (ochim)

photo by Samsung GT-C3322

14 tanggapan untuk “Konsumsi Premium Supra X 125 Setelah Menempuh Perjalanan PP Kandangan – Malang”

  1. temen saya pake supra 125 dapetnya 1: 40 doang, kondisi dalam dan luar kota.
    sewaktu masih baru bisa tembus 1:50, sekarang cuma 1:40, kalo dipake boncengan dan agak ngebut bisa borosan dikit, entah apa yg terjadi, usia motor masih dibawah 4 taun, odometer dibawah 80rb.

  2. Kandangan mana mas bro?? saya juga sering ke Kandangan..
    Dari Malang ke Kandangan bensin saya isi 3,5 liter (benar2 3,5 liter,, karena saya takar pake gelas ukur). pergi ke Kandangan kmudian lgsg pulang ke malang tidak isi bensin sama sekali.(hanya istirahat dan sholat di pom ngantang) Wkt dirumah saya kuras tangkinya, bensin masih ada. Saya hitung2 konsumsinya skitar 58km / liter.
    Catatan : berkendara sendiri tanpa barang bawaan.
    bobot rider 60 kg. kecepatan 60 – 100km/jam.
    Bahan bakar premium.
    (next time saya coba pake pertamax plus)

Tinggalkan komentar