Motor

Ini Hasil Tes Konsumsi BBM Yamaha New Jupiter MX

New Jupiter MX 2013Setelah hampir 6 bulan ngandang dirumah, baru kali ini saya sengaja untuk mengetes konsumsi BBM Yamaha New Jupiter MX. Tes ini memakai metode full to full, metode yang paling mudah untuk digunakan. BBM yang saya uji adalah jenis premium, karena memang jenis ini yang biasa saya pakai sehari-hari dan kebetulan masih ada beberapa SPBU yang menjualnya.

speedometer NJMX
indikator BBM lagi jalan naik sudah terjepret

Langkah awal adalah pada minggu malam saya mengisi premium  pada tanki motor sampai penuh mendekati bibir tanki, kemudian jepret dulu odometernya menunjukkan angka 48216,5. hal ini untuk menandai angka dimulainya pengujian.

Kemudian pada senin pagi  12-11-2018 motor saya pakai aktivitas berangkat kerja dari Mojokerto ke Kandangan (Kediri). Melewati jalan aspal yang relatif mulus  dan lalu lintas lancar di jalan Nasional Mojokerto – Mojoagung. Kemudian sampai di pertigaan terminal Mojoagung belok kiri ambil jalan alternatif arah Kandangan dengan kondisi aspal yang mulus namun ada yang bergelombang. Ketika di tempat kerja, siangnya sempat dinas luar ke kantor Cabang Dinas Pendidikan Kediri yang lokasinya di Kediri Kota.

Gaya riding saya cenderung santai, membuka gas dengan diurut tidak mendadak, ya sesekali menghentak ketika menyalip kendaraan, kecepatan motor saya selalu bertahan di 60 km/jam, namun kadang juga menyentuh angka 70 km/jam.

speedometer NJMX 2Setelah indikator BBM menunjukkan separuh tanki, saya isi lagi tanki dengan Premium di SPBU kawasan Adan-adan, Gurah pada pukul 16.00 WIB, kondisi cuaca pas mendung dan sempat diguyur hujan.

Isi sampai penuh, lalu saya jepret lagi odometernya, menunjukkan angka 48324,6. Pada saat mengisi premium kedua sampai penuh, ternyata mesin dispenser menunjukkan angka 2,29 liter. Nah dari sini mulai penghitungannya.

nota pembelian BBMAngka odometer kedua ini dikurangi odometer yang pertama, yaitu 48324,6 – 48216,5 = 108,1 km. Dari angka 108,1 km ini kemudian dibagi jumlah premium yang telah diisi penuh yaitu 2,29 liter, hasilnya 47,20 km. Artinya adalah 1 liter motor New Jupiter MX ini dapat menempuh jarak sampai 47,20 km… wow menurut saya hasil ini cukup irit.

Kemudian masih saya uji lagi seperti cara pertama diatas, uji yang kedua hasilnya menunjukkan angka 50,04 km/liter, wah malah tambah irit lagi, selanjutnya saya uji lagi tetap dengan metode dan gaya riding yang sama, hasilnya adalah kembali dapat 47,16/liter.

Akhirnya dengan pengujian konsumsi BBM jenis premium sampai 3 kali ini, kesimpulan saya adalah untuk 1 liter premium, motor yamaha New Jupiter MX 2013 bisa menempuh jarak antara 47 – 50 km. (Ochim)

2 tanggapan untuk “Ini Hasil Tes Konsumsi BBM Yamaha New Jupiter MX”

  1. saya NJMX 135 2011 kopling otomatis… riding ya biasa 40-80km/h tergantung kondisi jalan buat magelang jogja tiap hari 60km PP, mmg konsumsi BBM sekitar 50-52 km/ltr pertalite
    tapi msih iritan pulsar 135, biasa dapet 60-65km/ltr… tp mesin sdh bermasalah sejak odometer 55rb km,
    Alhamdulillah ini NJMX 2011 skrg sdh 98.000 km alhamdulillah masih fresh mesinya, belum pernah servis besar, busi pun sdh 50rb km msih bagus

  2. Motorku juga NJMX 2013, pake knalpot brong murmer, Jadi makin kenceng tarikannya, tapi rada boros, kalo konsumsi bbm masih blm berhasil hitung. 🤔👍🙏🤝🤣

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s