Tes Konsumsi BBM Honda GL Max

Beberapa hari ini saya memang lagi sering pakai motor GL, karena kebetulan motornya lagi nganggur dan si empunya lebih sering pakai Honda Grand. Kondisi mesin motor ini dalam keadaan sehat dan nggak ada kerusakan sedikit pun, jadi bisa diajak riding kapan saja tanpa kendala. Tampilan serta jeroan mesin juga full standar nggak ada yang dirubah.

trip meter di reset kembali ke angka 0

trip meter di reset kembali ke angka 0

Saya memulai tes konsumsi BBM ini di SPBU Jln. Jombang, Kandangan dengan mengisi BBM jenis premium hingga penuh, lalu jepret dulu odometer untuk mencatat kilometer awal sebelum dipakai riding. Nah karena pada motor GL Max ini ada fitur trip meter, saya reset di angka 0 dulu. Setelah itu motor saya pakai riding pulang dari Kandangan menuju Kota Mojokerto. Rute yang saya tempuh yaitu Kandangan – Mojowarno – Mojoagung – Mojokerto. Kecepatan motor rata-rata 70 kpj malah kadang menyentuh angka 80 kpj pada saat menyalip kendaraan tertentu.

angka trip meter pada saat isi premium kedua

angka trip meter pada saat isi premium kedua

Kemudian saat pagi berangkat kerja, saya sempatkan mampir di SPBU kawasan Bypass Mojokerto untuk mengisi penuh lagi sampai hampir menyentuh bibir tanki. Ternyata membutuhkan premium sebanyak 1,36 liter untuk membuat tanki penuh kembali. Setelah tanki penuh, lihat angka pada trip meter menyentuh 52,8 km. Dari sini mulai saya hitung, jarak yang sudah saya tempuh sejak isi bensin full yang pertama dan kedua adalah 52,8 km lalu dibagi jumlah liter saat isi bensin kedua sebanyak 1,36 liter, hasilnya adalah 38,82.

struk pembelian premium kedua

struk pembelian premium kedua

Jadi konsumsi BBM jenis premium pada motor Honda GL Max ini adalah 38,82 per liternya. Ternyata masih cukup boros, karena harapan saya adalah GL ini bisa memperoleh angka diatas 40 km/liter. Nah sekarang masih saya uji kembali konsumsi bensinnya, hanya untuk mengetahui apakah hasil yang kedua ini juga hampir sama dengan pengujian saya yang pertama. (Ochim)

update (25 september 2015):

pada tes konsumsi BBM yang kedua ini ternyata hasilnya sangat berbeda pada pengujian saya yang pertama diatas. Tes yang kedua masih dengan metode yang sama, mendapatkan hasil 1 liter dapat menempuh 51 km. Saya surprise banget, ternyata bisa irit begitu.

speedometer gl max2

isi premium awal

isi premium kedua

isi premium kedua

Jadi ketika saya isi full tank di bypass mojokerto pada pagi hari (odometer 34069) lalu saya bawa riding ke puncu, lalu isi bensin penuh lagi di SPBU Kandangan (odometer menyentuh 34138), membutuhkan premium 1,35 liter sampai premium hampir tumpah. Kemudian saya lihat waktu tempuh, 34138 dikurangi 34069 (saya lupa mereset trip meter, jadi lihat odometer saja) menunjukkan angka 69 km. Jumlah premium 1,35 liter dibagi 69 km, mendapatkan hasil 51.

Jadi dalam satu liter premium, GL dapat menempuh 51 km, irit banget kayak motor bebek. Kenapa hasilnya berbeda jauh dengan pengujian saya yang pertama? apakah karena saya isi bensin pada siang hari jadi lebih boros dibanding pada pagi hari?.

update (26 september 2015):

karena masih penasaran, saya uji yang ketiga kalinya ini, ternyata masih memperoleh hasil yang sama dengan pengujian saya yang kedua. 1 liter premium sanggup berjalan hingga 51 km. Pada saat mengisi tanki hingga full, odometer menyentuh angka 34138 (lupa lagi mereset trip meter, jadi pakai hitungan odometer), lalu saya pakai berangkat kerja seperti biasa lalu pulang ke Mojokerto.

speedometer gl max3

isi premium awal

speedometer gl max4

isi premium kedua

Kemudian saat sampai Kota Mojokerto, mampir di SPBU Sooko untuk isi kembali premium sampai penuh, membutuhkan premium sebanyak 1,35 liter untuk membuat tanki jadi penuh. Lalu lihat odometer di angka 34208.

Foto1014Saya hitung jarak tempuh dari pengurangan odometer 34208 – 34138 = 70 km. Kemudian jarak tempuh 70 km dibagi jumlah liter 1,35 mendapatkan hasil 51,85. Nah satu liter premium masih bisa menempuh 51 km. Irit banget…

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

13 responses to “Tes Konsumsi BBM Honda GL Max

Tinggalkan Balasan

