New Jupiter MX

New Jupiter MX Ganti Blok Silinder

Beberapa waktu lalu motor saya New Jupiter MX akhirnya tak bawa ke bengkel resmi yamaha untuk penggantian blok silinder, ya seperti saran dari mas mekanik yang dulu pernah saya ceritakan disini. Mumpung lagi ada duit ya sudah saya anggarkan dana untuk memperbaiki motor sekitar 900 ribuan. Kalau saya baca dari hasil browsing di internet, katanya untuk motor Yamaha New jupiter MX nggak perlu harus ganti blok mesin komplit seperti ganti silinder head, piston, ring piston,dll tapi cukup ganti ring piston dan sil klep saja, namun saya pikir ya sudah nggak apa-apa sekalian saja ganti semua  biar mesin bener-bener baru.

Karena sifatnya hanya penggantian, pengerjaan di bengkel resmi ini ternyata nggak sampai menginap, pagi dibongkar, jam 3 sore sudah kelar. Beda dengan motor lain dengan kasus yang sama (pengalaman motor saya Supra X 125) ngebul atau keluar asap putih yaitu perbaikannya  harus  oversize alias memperbesar ukuran piston dan kolter silinder serta  skir klep dan itu membutuhkan waktu sekitar 2 hari. Namun memang untuk oversize ini punya kelebihan yaitu biaya yang dikeluarkan lebih murah  sekitar 500 ribuan untuk jenis motor bebek.    

Dari hasil browsing mengenai penggantian blok mesin yamah New Jupter MX ini, banyak yang menyarankan untuk diganti blok mesin milik Vixion, karena ukuran yang sama dan tinggal pasang (ubahan sedikit diameter luar) ya sekalian saja ganti cc yang lebih gede biar motor makin kencang. Namun karena saya suka motor yang standar jadi ya tetap ganti blok pakai yang sesuai saja, lagian kalau ganti blok vixion nanti konsumsi BBM jadi makin boros. Berikut ini adalah rincian penggantian blok silinder yamaha New Jupiter MX:

Setelah pengerjaan motor saya selesai, jam 3 sore saya ambil di bengkel Yamaha lalu saya pakai keliling sebentar untuk merasakan perbedaannya. Ternyata akselerasi lebih cepat dan tanaga terasa ngisi terus. Setelah itu beberapa hari kemudian saya sempat nyoba riding menanjak  di kawasan Trawas-Mojokerto boncengan dengan anak istri juga terasa enteng. (Ochim)      

2 tanggapan untuk “New Jupiter MX Ganti Blok Silinder”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s