Motor

Perbaikan Awal Vario 125

Honda Vario 125 Tahun 2018melanjutkan artikel yang ini, jadi setelah si Vario ngandang dirumah, besoknya langsung dibawa ke bengkel ahass deket rumah untuk diservis, penggantian oli, lalu menyampaikan keluhan yaitu tarikan awal terasa berat dan ada getarannya, pas dituntun juga terasa ada suara “kretek-kretek”.

Ketika proses perbaikan ini, mekanik mengecek seluruh bagian motor kemudian memberikan catatan bahwa ada beberapa part yang harus diganti jika motor ingin bener-bener fit, namun karena menurut saya masih belum perlu untuk diganti, jadi nggak semuanya saya penuhi, bertahap dulu, mungkin pas servis berikutnya. Berikut ini rincian servis dan penggantian part Vario yang sudah dikerjakan:
1. ganti oli MPX 2 0.8 liter 43.000
2. ganti oli transmisi 15.000
3. ganti filter udara 56.000
4. ganti v-belt kit 225.000
5. ganti face komp 80.000
6. ganti face drive 45.000
7. paket injector cleaner 20.000
8. benah kabel 35.000
9. tune up 50.000

menurut mekaniknya, untuk mesin masih bagus hanya di bagian CVT saja yang perlu perbaikan. Masalah tarikan awal yang agak berat sudah teratasi dengan penggantian face komp dan face drive, tinggal getaran saja yang terasa pas tarikan awal.

Tapi, beberapa minggu kemudian ketika dipakai lama-lama kok getarannya semakin kerasa ke seluruh bodi motor, utamanya ya pas tarikan awal dari posisi berhenti mau jalan. Akhirnya bawa ke bengkel ahass lagi.

Mekanik langsung membongkar bagian CVT dan ternyata perlu penggantian part as secondary, ini sudah disampaikan sama mekanik pas servis awal tadi bahwa memang ada masalah disana. Penggantian as ini sekalian diikuti part laker-laker yang masih satu set dengan as.

Berikut ini rincian perbaikan kedua:
1. Paket laker secondary 160.000
2. as secondary vario 125 145.000
3. Laker bak CVT 80.000
4. Laker 6204 28.000
5. Seal as secondary 10.000
6. Piece slide vario 125 12.000
7. Jasa penggantian part 35.000

Penggantian part vario 125Nggak nyangka ternyata biaya perbaikan Vario ini cukup banyak, dengan usia motor 2 tahun dan telah mengaspal sejauh 40.000an km, bener-bener motor capek kayaknya. Sekarang sudah tinggal pakai dan siap riding kemana saja tanpa PR lagi. Memang motor matik itu seperti merawat 2 mesin, mesin utama dan komponen CVT dengan segala part pendukungnya. (Ochim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s