Tes Konsumsi BBM Motor Supra X 125 di Pakai Harian

Motor yang saya tes ini adalah Honda Supra X 125 lansiran 2009 salah satu produk honda yang terkenal irit bahan bakarnya. Tes motor sederhana ini dilakukan pada jalan yang lurus dengan kecepatan 70-80kpj dan tes ini dilakukan bukan untuk mengetahui keiritan namun untuk mengetahui sejauh mana konsumsi BBM yang telah dihabiskan dalam perjalanan harian yang biasa saya lakukan. Kondisi motor dalam keadaan standar pabrikan semua tidak ada yang dirubah atau dimodifikasi. Bobot pengendara 76 kg dan tinggi badan sekitar 178 tanpa boncenger.
Cara yang saya pakai adalah sebelum perjalanan harian dimulai, saya isi bensin (premium) full dan odometer awal menunjukkan angka 33290.3 kemudian melakukan perjalanan harian biasa dengan kecepatan maksimal 80kpj. Setelah berjalan beberapa kilometer saya mampir SPBU untuk  isi bensin full lagi dapat 1,8 liter dan odometer menunjukkan angka 33381.6, jadi motor telah menempuh perjalanan sejauh 91,3 km (33381.6 – 33290.3). Metode hitungan yang saya pake adalah hasil jarak tempuh 91,3 km dibagi 1,8 liter bensin dan didapat hasil 50,72 km per liter. Kesimpulannya adalah konsumsi BBM motor Supra X 125 1 liter dapat menempuh jarak 50,72 km per liter dengan kecepatan maksimal 80kpj dalam kondisi jalan yang datar.
Akhirnya….semoga test konsumsi BBM untuk Honda Supra X 125 ini bermanfaat untuk pembaca dan hasil tes ini tidak digunakan sebagai acuan bahwa konsumsi BBM untuk motor ini seperti tersebut diatas, karena faktor kondisi jalan, gaya mengendara dan kondisi motor yang menjadikan hasil dari setiap orang mungkin berbeda. (ochim)
photo by Samsung GT-C3322
Iklan

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

43 responses to “Tes Konsumsi BBM Motor Supra X 125 di Pakai Harian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: