Metode Tes Konsumsi BBM pada Motor yang Paling Ideal

Sobat sekalian…setiap pabrikan motor merilis motor terbaru, wajib hukumnya untuk dilakukan segala percobaan. Baik itu dari segi handling, manuver, akselerasi dan tak kalah penting adalah uji konsumsi BBM pada motor baru tersebut.

Untuk menguji konsumsi BBM, banyak metode yang dipergunakan. ada yang pakai metode top up alias full to full, ada juga dengan cara mengosongkan tanki kemudian di isi satu liter dan berjalan sampai motor mogok kehabisan bensin.

Namun menurut saya cara yang paling mudah dan praktis adalah metode top up, yaitu dengan mengisi BBM full tanki dan mencatat odometer, kemudian berjalan seperti biasa di pakai harian. Setelah berjalan cukup jauh misalnya diatas 50 km, isi BBM lagi sampai penuh dan jangan lupa catat odometer lagi.

Kemudian cara hitungannya adalah odometer akhir dikurangi odometer awal, lalu keluar hasil jarak tempuh. Jarak tempuh ini dibagi jumlah isi BBM yang kedua. Maka hasil tersebut adalah jumlah yang dibutuhkan dalam 1 liter.

Seperti pada saat saya menguji BBM pada motor Honda Spacy PGM-FI, ternyata di dapat hasil yang cukup irit di kelas motor matic. Bisa dibandingkan antara hasil pengujian saya dengan bro lexyleksono, hasilnya beda tipis, walaupun terdapat perbedaan dari cara berkendara, rute, dan bahan bakar yang di pakai.

Dari hasil tersebut sudah terbukti bahwa metode top up memang metode yang paling mudah digunakan dan juga tingkat ketelitiannya bisa diandalkan. So, silahkan dicoba bagi pembaca yang ingin menguji seberapa banyak konsumsi BBM pada motor anda :) (ochim)

photo by Samsung GT-C3322

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

4 responses to “Metode Tes Konsumsi BBM pada Motor yang Paling Ideal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: