Beberapa waktu lalu sebelum lebaran, Espass saya sempat mengalami putus timing belt ketika dipakai jalan. Mobil nggak bisa jalan dan akhirnya terpaksa ditarik untuk dimasukkan ke bengkel langganan. Sekitar 2 mingguan espass ngandang di bengkel untuk di bongkar mesinnya dan sekalian saya suruh cek yang lain barangkali ada yang perlu diperbaiki.
Nah berikut ini adalah beberapa nota belanja beberapa sparepart yang dibutuhkan atas putusnya timing belt, selain itu juga ada biaya lain yang kebetulan memang harus diperbaiki atau diganti. Seperti biaya bubut cakram dan as roda depan, kebetulan untuk as roda ini cukup sulit untuk mencari yang merk bagus, ya sudah dibubut saja kata bengkelnya sudah cukup.
Ternyata biayanya nggak seperti yang saya bayangkan, awalnya saya harus menyediakan dana 3-4 juta namun ternyata bisa kurang dari 3 juta, itu sudah sama biaya perbaikan lain diluar penyebab putus timing belt.
Setelah kejadian ini, waktu penggantian timing belt harus diperpendek lagi, karena sejak awal sudah merencanakan bahwa nantinya timing belt secara periodik akan saya ganti di kilometer 25-30 ribu saja, ya untuk antisipasi saja sebelum aus atau putus dijalan. Tapi ternyata ini diluar perkiraan, usia masih 2 tahun sejak beli baru dan kilometer juga masih belum ada 20.000. Sedangkan waktu penggantian atau usia pakai timing belt harusnya 50.000 km. Kondisi timing belt pas putus juga masih sangat bagus belum ada tanda retak atau aus, mekanik dan toko sparepart juga sependapat dengan saya, kebetulan waktu beli, timing belt yang putus saya bawa ke toko sparepart. (Ochim)
mendadak gitu ya mas? serem kalo jauh dari mana-mana
Iya mas dan ga ada tanda2 ato gejala apapun sbelumnya…
Mas ochim sblm’y pas ganti timing belt pke yg Ori/kode’y apa.. Klo gak Salah kan yg Ori pke kode 000 dan klo yg Ori kan seharusnya bisa smp 50rb km
dulu belinya 280rb…perkiraan saya sih memang bukan kode 000 tapi kemungkinan 008 mas…kalo sekarang saya beli yg 000…
Bengkel FAUZI itu alamatnya di mana ya? Sy mau service espass sy habis turun mesin masih ada banyak masalah
bengkelnya di kediri pak 😀
Lokasi sy di cileungsi, espass sy th 1997 1.6cc , masalahnya sering mati tiba” klo kepanasan pake AC , padahal udh 2ply radiator. Dan koil pake model botol merk denso punya kijang yg kbrnya aman ga panas, tolong info ya bengkel.yg ok sekitaran bogor cibubur cileungsi bekasi.jaktim
sepertinya memang koil yg bermasalah…ketika udah posisi dingin, mesin bisa distater lagi ga?
Itu pistonnya gsk kenapa2 mas?
ga mas… aman…