New Jupiter MX

Yamaha New Jupiter MX Keluar Asap Putih

Motor harian yang biasanya saya pakai yaitu Yamaha New jupiter MX, sebenarnya sudah lama ngebul alias keluar asap putih dari knalpot meskipun tipis. Tapi mulai saya pikirkan masalah ini ketika motor tak bawa ke bengkel resmi untuk servis rutin.

Jadi suatu pagi tak bawa ke bengkel resmi untuk servis, kebetulan pas servis itu motor saya tinggal di bengkel karena memang saya lagi ada urusan lain.

Kemudian sore mau tak ambil, mas mekaniknya bilang kalau motornya tadi ngebul parah pas digeber, saya kaget dan cuma bilang memang ngebul sih tapi asapnya tipis. Pas saya coba nyalakan mesin dan tak geber-geber kebetulan nggak keluar banyak asapnya. Lalu bengkelnya menyarankan untuk ganti blok mesin komplit, untuk motor Yamaha New Jupiter MX ini kata masnya nggak bisa di oversize jadi harus ganti blok. sedangkan biaya ganti blok mesin ini mekaniknya bilang biayanya sampai 900 ribuan, wah lumayan nguras kantong nih…

Penyebab motor ini ngebul bisa juga karena riwayat dulu pernah kehabisan oli mesin namun selama saya pakai motor ini hampir 2 tahun nggak pernah telat oli dan selalu saya cek oli melalui dipstik atau tutup pengisian oli. Mungkin saja pemilik sebelumnya dulu nggak memperhatikan oli mesin sampai akhirnya telat untuk ganti oli yang baru. (Ochim)

3 tanggapan untuk “Yamaha New Jupiter MX Keluar Asap Putih”

  1. dulu supra x 125 saya juga sempet ngebul asep putih, setelah di korter/boreup dikit, ganti piston, ring piston, paking/gasket, dkk. cuma tahan sebulanan, ga lama, ngebul lagi, malah makin parah berisik seperti kena setang sehernya. padahal km baru 42rb an.

    mungkin karena di bengkel umum, intinya kalo mesin udah kena problem (ngebul asep putih, berisik, dll) mending dijual aja motornya karena udah pasti pengerjaan bengkel (apalagi bengkel umum) ga ada yg beres, ngawur, asal-asalan, jadi kemungkinan besar pasangnya ga pas, atau apalah, yg ada kita udah buang2 waktu, uang, tenaga, cape, sakit ati juga malahan.

    jadi akhirnya sekarang saya lebih milih servis sendiri aja motor, atau ke bengkel resmi.

    1. saya dulu juga pake supra 125 mas sekitar 7 tahun sejak beli baru… pernah turun mesin karena memang sudah keluar asap putih… tapi tk bawa ke bengkel ahass dan hasilnya bagus kok…
      ya mungkin aja mas mekanik yang pegang motor kamu itu ga mahir dan asal2an masangnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s