Jalur Jombang – Saradan Mulai Banyak yang Berlubang

jalan-raya-saradanPadahal ini jalur propinsi, arus lalu lintas sering padat ketika weekend, namun aspalnya sudah mulai banyak berlubang dan dalam. Beberapa waktu lalu ketika saya lagi mudik ke rumah mertua di Magetan, walaupun menggunakan mobil yang cukup nyaman, tapi saya tetap berjalan pelan dan ekstra waspada memperhatikan jalan.

Yang paling parah berada di jalur Kertosono – Nganjuk Kota, walaupun ada aspal yang mulus di beberapa titik, namun sebagian besar aspalnya berlubang, sehingga cukup membahayakan pengguna jalan khususnya pengendara roda dua.

Apalagi di kawasan hutan saradan banyak dump truk berukuran besar wara-wiri disana, keluar-masuk hutan membawa material bangunan jalan tol. Yup, disana sekarang memang sedang proses membangun jalur tol, sehingga keberadaan mereka seakan mempercepat kerusakan jalan. Yowes dimaklumi saja, mudah-mudahan proyek tersebut segera selesai sehingga bisa memperlancar lalu lintas di jalur tengah Jawa Timur. (Ochim)


Bakso Mekarsari Dinoyo, Sangat recomended

bakso-mekarsari-dinoyoKemarin sore lagi berkunjung ke rumah saudara di daerah Dinoyo Malang, nah menu makan wajib yang harus dibeli ketika di Malang tentunya ya baksonya. Sempat mau ke Bakso Damas tapi saya masih penasaran dengan bakso Mekarsari yang ada di Dinoyo, tepatnya agak nyempil di gang sebelah timurnya DT, sebutan dari Dinoyo Teater.

bakso-mekarsari-dinoyo2Menurut sodara saya sih memang enak dan campurannya standar, ada siomay, goreng kembang, tahu rebus maupun tahu goreng, pentol kasar maupun halus. Ya uwes akhirnya meluncur ke Dinoyo, parkirin mobil di depan ruko DT.

Saya pilih pentol halusnya 3, kemudian tahu goreng, rebus, siomay, goreng dan mie kuning, masing-masing 1 saja, langsung totalan pilihan saya seharga 18 ribu. Saya lupa harga per itemnya berapa, yang saya inget harga pentolnya 3 ribu. Begini tampilannya…

bakso-mekarsari-dinoyo3Rasanya sangat khas bakso Malang, kuahnya bening dan masih panas. Pentolnya sesuai selera lidah saya, begitu juga item yang lain, pokoknya enak semua. (Ochim)


Ketika Melihat Grand Civic Maupun LX Dijalan

Honda Grand CivicGarasi rumah memang sudah berpenghuni, seonggok minibus buatan Daihatsu menjadi pilihan saya dan istri. Dulu, pada masa pencarian mobil bekas sempat tergoda dengan sedan Honda Grand Civic ataupun yang agak tua , Civic LX.

Namun itu hanya di angan saja karena waktu itu incaran saya selain minibus juga mobil sedan, namun yang masuk di kantong adalah Civic Wonder serta si Hathcback Suzuki Forsa. Grand Civic dan LX masih terlalu mahal sekitar 35 juta keatas. Sedangkan budget ya cuma 35 juta doank, namun tidak mungkin dana segitu saya pakai semua untuk menebus sebuah mobil, harus menyiapkan dana juga untuk perbaikan. Sehingga dana maksimal yang bisa saya pakai 30 jutaan, meskipun akhirnya yang terpakai malah 32 juta (harga espass).

Walau sudah dapat Espass, ternyata masih suka baper juga kalau ketemu dua sedan tersebut, sebuah impian yang tak teraih. Bodinya yang cenderung ceper serta mengkotak, cukup membuat saya betah melihatnya. (Ochim)

pict: grandcivic.com


Akibat Mengabaikan Tanda-tanda Tak Normal pada Espass

espass-biruSebelum Espass mogok pada perjalanan mudik kemarin, sebenarnya ada tanda-tanda yang menurut saya memang tidak wajar. Yaitu beberapa hari sebelumnya, gas terasa sering brebet, awalnya Cuma pas pada gigi rendah saja, namun lama-lama merata bahkan pada posisi gigi puncak. Saya pikir mungkin karena setelan karbu atau platina saja yang kurang pas, bisa juga busi setengah mati. Namun saya abaikan karena menjelang lebaran banyak bangkel yang penuh, lagian kalau masalahnya seperti yang saya perkirakan tadi, masih bisa ditunda lah😀

Saya berpikir seperti itu karena beberapa hari sebelum mudik pernah masuk bengkel untuk check up, dan hasilnya, yang berhubungan dengan pengapian masih bagus, hanya ada beberapa yang diganti baru termasuk filter bensin.

speedometer-espass-1995Kemudian tanda kerusakan yang lain adalah lampu indikator aki yang padam. Jadi beberapa hari sebelumnya, indikator ini memang tidak menyala ketika pertama kali kontak saya ON-kan. Biasanya kontak posisi ON itu indikator yang nyala adalah Hand rem, oli dan aki, nah ini yang nyala cuma hand rem (ketika hand rem posisi aktif) dan indikator oli. Ini bener-bener saya abaikan dan tidak saya cari tahu penyebabnya. Biasanya kalau ada tanda yang tidak wajar, setidaknya saya browsing cari informasi mengenai tanda kerusakan.

Walhasil mogok deh seperti yang saya ceritakan di artikel sebelumnya. Penyebab utamanya ya karena dinamo ampere yang tidak konek, sehingga kelistrikannya jadi kacau. (Ochim)


Mesin Honda NMP Tiba-tiba Ngempos

honda-nmp-2010Masih pagi saat berangkat kerja, baru jalan 2 km tiba-tiba mesin NMP mati mendadak, ini terjadi ketika saya kopling mau turunin gigi dari 4 ke 3. Lalu saya coba stater pakai kick stater berkali-kali tapi nggak mau hidup. Yang saya heran kok terasa enteng staterannya, lha kenek opo iki??

Kemudian saya biarin sebentar sambil menenangakan diri, karena panik motor nggak mau jalan. Sekitar 5 menit kemudian saya coba pakai stater tangan ternyata langsung, bruuum…! doi mau hidup lagi, langsung pakai jalan seperti biasa sambil bertanya-tanya.

Setelah sampai di sekolah, saya browsing-browsing mengenai masalah tadi. Beberapa artikel menjelaskan ternyata penyebabnya adalah kondisi klep yang kotor, di dalam ruang bakar sudah banyak keraknya, bisa juga karena klep sudah waktunya di skur. Solusi yang paling mudah cukup isi bahan bakar dengan pertamax, fungsinya untuk membersihkan kerak pada ruang bakar. Ya uwes nanti bakal isi pertamax saja untuk sementara waktu. Tapi kalau misalnya sering terjadi ngempos kayak gitu, solusi akhir ya kudu buka mesin untuk membersihkan ruang bakar. (Ochim)  


Espass Mogok Ketika Dipakai Mudik

espass-biruIni jadi pengalaman pahit buat saya selama mengendarai Espass. Doi ngambek ketika dalam perjalanan mudik kemarin dari Magetan menuju Kandangan (Kediri) bersama anak dan istri, tepatnya di depan Pondok Al-Falah Mojo, Kediri. Awalnya saya memang sengaja berhenti di depan pondok Al-Falah karena lagi menunggu ortu yang kebetulan lagi silaturahmi ke beberapa keluarga di kawasan pondok tersebut. Niatnya mau sekalian pulang bareng ke Kandangan. Oya waktu itu rute perjalanan saya dari jalur selatan yaitu dari Magetan ke arah Ponorogo – Trenggalek – Tulungagung – Kediri.

Nah ketika mau jalan lagi, putar kontak posisi ON tapi ketika di start mesin nggak mau nyala, Cuma bunyi “tek…tek…tek..tek…” begitu terus. Wah kok kayak nggak ada setrum sama sekali, padahal sebelumnya sempat dua kali berhenti di kawasan Pogalan dan Durenan (Trenggalek) dan kondisi masih lancar ketika di stater lagi.

Ya uwes terpaksa menghidupkan Espass pakai metode dorong, bapak mencoba stater kemudian saya dan saudara mendorong. Alhamdulillah mau hidup lagi. Anak dan istri saya pindahkan ke mobil panther yang dibawa bapak, kemudian bapak ikut saya di dalam Espass, sementara panther mengikuti di belakang dengan dikendarai oleh saudara saya.

espass-di-depan-pondokNamun ketika dipakai jalan sampai di mbulak kawasan Pagu, pas jalan kok tiba-tiba mati lagi, di dorong sudah nggak mau hidup lagi, terpaksa mandeg dulu, sementara bapak nyari bantuan untuk menarik si Espass dan saya nungguin mobil, waktu itu sudah pas mau maghrib. Bisa dibayangin nelangsanya nungguin mobil mogok, ditengah sawah, apalagi pas hari mau gelap, komplit wes.

Namun tiba-tiba saja ada seorang bapak-bapak mengendarai motor Supra X 125 mendatangi saya menanyakan kondisi si Espass. Setelah saya jelaskan permasalahannya, si Bapak ini dengan cekatan membuka tutup mesin yang berada di dalam kabin, beliau langsung memeriksa kondisi dinamo ampere, kemudian meminta untuk di dorong lagi untuk menyalakan mesin, ternyata berhasil, namun suara klakson pelan banget.

Pada saat kondisi mesin nyala, beliau mencoba memeriksa kondisi dinamo ampere dengan menempelkan obeng ke ujung putaran dinamo ampere, ternyata obeng tersebut masih bisa menempel seperti magnet, tanda bahwa dinamo ampere masih bagus, lalu memeriksa kondisi kabel di sekitar dinamo, ada sebuah soket/konektor yang ternyata tidak terpasang dengan sempurna, bisa diartikan soket tersebut sudah aus atau berkarat, sehingga kabel tidak menyambung sempurna.

Kemudian rumah soket yang terbuat dari plastik tersebut dibuka paksa untuk mengambil pen atau tembaga di dalamnya kemudian disambungkan ke kedua kabel, lalu mencoba menyambung kabel dengan cara biasa (disambung pakai isolasi). Alhamdulillah mesin Espass bisa di stater lagi tanpa di dorong, lampu-lampu nyala normal, wiper juga bergerak, yang artinya kelistrikan sudah kembali normal. Kata bapak yang memperbaiki, kondisi seperti itu namanya “dinamo tidak konek” disebabkan soket penyambung dua kabel tidak terpasang sempurna mungkin karena sudah aus atau terdapat kotoran maupun karat didalamnya.

Beliau berpesan agar nanti kalau sudah sampai rumah, kabel yang terhubung sementara tadi harus dibelikan soket baru dengan jumlah kabel dua atau soket double. Akhirnya Espass sudah normal kembali dan saya menanyakan ongkosnya, si bapak tadi minta 100 ribu. Alhamdulillah… beruntung saya ketemu oleh seorang bapak tadi yang membantu memperbaiki Espass dengan peralatan seadanya, bapak yang belum sempat saya ketahui namanya itu lalu melanjutkan perjalanannya. (Ochim)


Honda NMP Ganti Gear Depan

honda-nmp-2010Motor yang baru saya pinang ini terasa pendek nafasnya, jadi serasa nggak nyaman karena sering pindah gigi, apalagi kalau pas di kemacetan. Selain itu juga suara mesin terlalu meraung, seperti ketika riding pada gigi 5, pada kecepatan 70 kpj rasanya pengen nambah gigi lagi.

Saya coba iseng browsing apakah ada kasus yang sama dengan saya, ternyata memang banyak yang ngerasa begitu, namun di beberapa forum menyebutkan bahwa untuk memanjangkan nafas Honda New megapro ini adalah mengganti gir depan dengan ukuran yang lebih besar, yaitu 15 mata (ukuran sebelumnya pakai 14, belakang 42).

Setelah saya tebus dan pasang gear depan ukuran 15, tarikan Honda NMP ini jadi lebih smooth, nafas agak panjang serta suara mesin sudah tidak meraung lagi di gigi 5. Biasanya kecepatan 70-80 kpj suara mesin terlalu berteriak (seperti mau nambah gigi lagi), namun sekarang jadi lebih halus. Serta tentunya konsumsi BBM jadi lebih irit karena tenaga tersalurkan secara efisien. Kalau yang ini sudah berkali-kali saya tes, hasilnya rata-rata setiap 1 liter bisa menempuh jarak diatas 45 km, paling irit pernah dapat 50 km per liternya. (ochim)