Jalan - jalan

Mengunjungi Air Terjun Dlundung-Trawas

Beberapa waktu lalu saya mengajak anak istri untuk mengunjungi tempat wisata air terjun Dlundung di kawasan Trawas-Mojokerto. mendadak sih berangkatnya karena sebenarnya saya baru pulang dari suatu acara di sekolah sekitar jam 11 an, kemudian baru kepikiran untuk ngajak ke tempat wisata saja yang kebetulan belum pernah saya kunjungi, hingga akhirnya memilih air terjun Dlundung ini. Beberapa minggu sebelumnya kebetulan ada temen yang habis dari sana dan di posting di instagram maupun whatsapp, saya tertarik dan menanyakan seperti apa tempat wisata disana, aksesnya, tiket masuk dan yang lainnya. Hingga akhirnya kemarin itu baru bisa menyempatkan untuk berkunjung kesana.

Berangkat siang pas matahari sedang terik, nggak menurunkan semangat saya untuk tetap memacu motor dengan kecepatan sedang sambil menikmati lalu lintas lintas yang cukup ramai dari kawasan Jetis-Mojokerto menuju Mojosari. Kemudian dari Mojosari ambil arah selatan menuju Trawas, dari sini lalu lintas mulai cukup lengang dan kondisi jalan lurus menanjak. Kemudian ketika memasuki kawasan Trawas hawa sejuk dan segar mulai terasa, kondisi jalan mulai berliku dan semakin menanjak, di kanan kiri jalan disuguhi pepohonan hijau yang terdapat banyak warung. Motor 135 cc yang saya kendarai dengan membonceng anak dan istri mulai meraung-raung di gigi 2 maupun 3 namun tenaga tetap terisi.

Setelah sampai di Polsek Trawas masih lurus sampai ketemu pertigaan besar yang ada petunjuk jalan menuju Dlundung, saya ambil kanan, dan ternyata jalan menuju air terjun Dlundung ini semakin nanjak, motor saya pacu hanya di gigi 1 saja. Jarak dari pertigaan tadi menuju gerbang loket air terjun Dlundung kurang lebih 3 km dan di jalur ini ternyata banyak mobil LCGC macam Agya/Ayla atau Sigra/Calya merayap nanjak meskipun kondisi penumpang full, mantab bisa diandalkan ditanjakan.

Setelah sampai loket, langsung diarahkan ke tempat parkir motor yang berada di belakang pos loket dengan jalan menurun tajam. Bayar parkir sebesar 3000 kemudian bayar tiket masuk per orang sebesar 12.500 saat weekend, kalau pas hari biasa saya lupa berapa tapi di pos loket ada tulisannya. Nah dari sini ternyata untuk menuju air terjun masih jauh dan kita harus jalan kaki sejauh 500 meter, katanya sih bisa lanjut bawa motor tapi waktu itu nggak boleh, yowes nggak masalah jalan kaki saja.

Jalan menuju lokasi ini sangat lebar dan kita lagi-lagi disuguhi pepohonan dan suara gareng khas hutan. Di sebelah kiri ada bukit yang ternyata diatasnya bisa dibuat untuk berkemah, begitu juga di sebelah kanan saya ada lokasi untuk berkemah namun lokasinya agak kebawah.

Mendekati lokasi air terjun ada taman-taman dan sungai kecil yang bisa dipakai untuk bermain air. Selain itu juga ada taman kelinci tapi untuk masuk taman kelinci ini harus bayar tiket dulu sebesar 5000. 

Semakin dekat dengan air terjun, kita akan melewati jalan kecil dan sekitar 100 meter kemudian sampai di air terjun Dlundung. Tinggi air terjun ini sekitar 50-60 meter dan airnya meluncur kebawah menuju kolam yang sengaja dibuat, sehingga bisa dipakai untuk bermain atau menceburkan diri ke kolam yang dalamnya selutut orang dewasa.

Anak saya mau turun dan bermain air sepuasnya tentunya saya dampingi karena ada beberapa bagian batu ataupun pinggiran kolam yang agak licin. Airnya sangat dingin  dan segar khas pegunungan dan kita disana sampai jam 4 sore karena memang betah bermain air dibawah air terjun Dlundung ini.       

Last… wisata air terjun Dlundung-Trawas ini sangat recomended untuk dikunjungi apalagi ada tempat untuk berkemah bersama keluarga maupun teman dan disediakan persewaan tenda. Paling rame sih pas weekend banyak yang mendirikan tenda menghabiskan malam minggu dengan menikmati hawa dingin di area Wisata Air terjun Dlundung. Namun yang harus diperhatikan adalah kendaraan yang dibawa harus bener-bener fit karena jalannya cukup menanjak.  (Ochim)

Kuliner

Nyobain Mie Ayam Gajah Mada Kota Mojokerto

Lagi iseng buka Facebook saya, kemudian di beranda melihat ada yang tanya di grup kuliner Kota Mojokerto tentang mie ayam paling recomended. Macam-macam yang jawab di kolom komentarnya namun yang paling membuat saya penasaran dan sering disebut disana adalah Mie Ayam Gajah Mada, karena ada yang posting tampilan Mie ayam ini dan saya kok tergoda  😀

Kemudian sepulang dari tempat kerja siang menjelang sore, saya langsung menuju ke lokasi warung mie ayam gajah mada ini yaitu di Jalan Residen Pamuji atau tepatnya di sebelah barat Pasar Tanjung Kota Mojokerto. Langsung pesan 1 porsi mie ayam dan minuman teh hangat, nggak nunggu lama pesanan sudah datang, begini tampilannya….

Ternyata penyajian kuahnya itu dipisah, jadi bisa sesuai selera mau seberapa banyak dituangkan ke mangkok mienya atau mau yang bener-bener kering tanpa kuah juga silahkan, kalau saya sih semuanya saja dituangkan.

Mie ayam ini sayurnya pakai selada (biasanya pakai sawi) kemudian diatasnya ditaburi dengan irisan ayam dan sedikit acar timun, lalu yang berbeda adalah lomboknya direbus, rasanya ternyata memang enak tenan sangat cocok di lidah saya, sama seperti apa yang mereka bicarakan di laman facebook 😀 menurut saya ini seperti mie ayam jakarta.

Untuk harga memang nggak seperti mie ayam pada umumnya, sedikit lebih mahal yaitu 12 ribu namun memang bener-bener enak dan sangat recomended. Silahkan dicoba bagi yang berada di sekitar Kota Mojokerto. (Ochim)            

New Jupiter MX

Yamaha New Jupiter MX Keluar Asap Putih

Motor harian yang biasanya saya pakai yaitu Yamaha New jupiter MX, sebenarnya sudah lama ngebul alias keluar asap putih dari knalpot meskipun tipis. Tapi mulai saya pikirkan masalah ini ketika motor tak bawa ke bengkel resmi untuk servis rutin.

Jadi suatu pagi tak bawa ke bengkel resmi untuk servis, kebetulan pas servis itu motor saya tinggal di bengkel karena memang saya lagi ada urusan lain.

Kemudian sore mau tak ambil, mas mekaniknya bilang kalau motornya tadi ngebul parah pas digeber, saya kaget dan cuma bilang memang ngebul sih tapi asapnya tipis. Pas saya coba nyalakan mesin dan tak geber-geber kebetulan nggak keluar banyak asapnya. Lalu bengkelnya menyarankan untuk ganti blok mesin komplit, untuk motor Yamaha New Jupiter MX ini kata masnya nggak bisa di oversize jadi harus ganti blok. sedangkan biaya ganti blok mesin ini mekaniknya bilang biayanya sampai 900 ribuan, wah lumayan nguras kantong nih…

Penyebab motor ini ngebul bisa juga karena riwayat dulu pernah kehabisan oli mesin namun selama saya pakai motor ini hampir 2 tahun nggak pernah telat oli dan selalu saya cek oli melalui dipstik atau tutup pengisian oli. Mungkin saja pemilik sebelumnya dulu nggak memperhatikan oli mesin sampai akhirnya telat untuk ganti oli yang baru. (Ochim)

New Jupiter MX

Ganti Kawat Kopling Yamaha New Jupiter MX

yamaha NJMX ganti kawat koplingKetika saya pakai riding berangkat kerja, entah kenapa kopling motor New Jupiter MX ini terasa nggak nyaman dan perpindahan gigi agak keras, apalagi untuk pindah ke gigi netral susah. Kemudian saya priksa kawat di bagian tuas kopling ternyata serabutnya ada yang putus. Ya udah pas jam istirahat saya bawa motor ke bengkel resmi yamaha di kawasan Surodinawan Kota Mojokerto yang kebetulan deket dengan tempat kerja.

Setelah menyampaikan keluhan, mas mekaniknya bilang kalau kawat kopling untuk NJMX ini nggak ready, ditempat lain juga nantinya bakal dikasih punya kawat kopling dari motor lain. Dia bilang nantinya akan dicoba pakai Vixion yang NVA, katanya ukurannya sama walaupun ujungnya sedikit beda, makanya nanti bakal sedikit dimodif biar sesuai, oke motor saya tinggal dulu karena harus balik ke tempat kerja.

Pukul 15.00 pulang kerja saya nebeng temen ke arah bengkel tadi, dan motor sudah siap dipakai namun saya ditunjukkan modifnya seperti apa. Jadi mur setelan kopling yang ada di bawah deket bak kopling diiket sama kawat kecil agar jarak bebasnya sesuai, nggak terlalu pendek ataupun panjang. Wah kalau kayak gini ya nggak nyaman, takut kenapa-kenapa dijalan. Akhirnya saya minta inden kawat kopling Yamaha NJMX ini biar pakainya aman sesuai standar, jadi yang sudah terpasang ini hanya sementara saja.

Btw… kata mas mekaniknya di Kota Mojokerto sini untuk part motor Yamaha New Jupiter MX, Byson dan Scorpio nggak semuanya ready, karena memang populasi motor-motor tersebut jarang yang beredar. Namun part yang diinginkan komsumen bisa inden dan dijanjikan nggak sampai 1 minggu sudah bisa datang.

Untuk biaya penggantian kawat kopling Yamaha New Jupiter MX ini sebesar 60.000, dengan rincian harga part kawat kopling 40.000 serta ongkos pasang 20.000. Sekalian juga saya inden part yang asli tadi dengan uang muka separuh harga dan nantinya akan dihubungi ketika barang sudah ready di bengkel. (Ochim)

Serba serbi

Marhaban Ya Ramadhan…

Marhaban Ya Ramadhan… Alhamdulillah besok sudah puasa bulan ramadhan, Jumat tanggal 24 april 2020. Namun kali ini sangat berbeda, biasanya awal bulan ramadhan ada libur awal puasa selama 3 hari dan selalu saya buat mudik kerumah mertua atau kerumah orang tua, sekarang nggak mudik kemana-mana, ya melihat situasi saat ini yang memang nggak memungkinkan, wabah covid 19 ini masih belum reda. Jadi sementara tahan dulu keinginan mudiknya dan sepertinya sampai hari raya Idul Fitri nanti.

Kemudian yang berbeda lagi adalah pelaksanaan ibadah sholat tarawih yang biasanya kita laksanakan di masjid-masjid ataupun mushola, sekarang untuk sementara tarawih dirumah saja bersama keluarga.

Saya berharap mudah-mudahan wabah ini akan segera berakhir dan kita semuanya bisa melakukan aktivitas normal seperti biasanya. (Ochim)