Serba serbi

Cerita Perjalanan: NJMX Kurang bertenaga di Jalur Pandaan – Malang

Ini adalah kali kedua saya naik motor dari Mojokerto ke Malang melalui Pandaan, jadi rute ini saya masih agak menghafal. Ini juga jadi pengalaman pertama saya pake motor NJMX 2013 di jalur ini sejak mulai menghuni rumah 3 bulan yang lalu. Berangkat agak kesiangan sekitar jam 7.30, padahal rencana awal mau berangkat jam 6.00 hahaha

Menyusuri jalanan Mojosari kemudian sampai di pungging, saya ambil kiri menuju arah Pabrik Gula Krembung, Sidoarjo. Setelah itu ketemu pertigaan belok kanan arah arteri Porong, sampai di arteri Porong belok kanan kemudian ketemu Bunderan Apollo Gempol, memutar dulu untuk ambil arah Malang. Arus lalu lintas sangat padat dominasi kendaraan besar seperti truk dan trailer yang lalu lalang, karena memang jalur Nasional dan termasuk daerah industri, jadi untuk kendaraan roda dua harus ekstra waspada.

Cerita perjalanan Pandaan - Malang
Kawasan Mojosari
Cerita perjalanan Pandaan - Malang 2
Perempatan Arteri Porong, Kiri ke Surabaya, Kanan Arah ke Gempol/Malang
Cerita perjalanan Pandaan - Malang 3
Bunderan Apollo Gempol

Sampai di Terminal Pandaan, saya ketemuan sama temen yang kebetulan juga sama-sama mau ke Malang. Setelah dia parkirin motor di penitipan, kita langsung gas menuju Malang. Nah dari Pandaan ini kondisi jalan naik terus menuju Malang, motor NJMX ngos-ngosan, tarikan agak berat, akselerasi lemah banget, jadi nggak PD untuk nyalip-nyalip diantara kendaraan lain dengan kondisi jalan naik.

Cerita perjalanan Pandaan - Malang 5
Terminal Pandaan – Pasuruan

Baru kali ini saya merasa motor ini nggak begitu responsif, ya karena memang tiap hari saya pakainya di jalan yang datar saja, itupun nggak pernah ngebut alias jalan santai di kecepetan 60-70 kpj, cara menarik gas juga selalu diurut nggak langsung main bejek, jadi ya motor terasa asik saja nggak ada yang aneh. Baru terasa beda di tanjakan seperti jalur Pandaan-Malang ini, bener-bener loyo, suara mesin meraung tapi nggak ada tenaga.

Sampai di kawasan Singosari jalan sudah mendatar, dari sini saya mau coba untuk berakselerasi tapi juga kurang maksimal karena sudah kena macet, jalan merambat sampai di simpang tiga Sabilillah. Kemudian belok kanan arah ke Soehat juga masih merambat.

Cerita perjalanan Pandaan - Malang 6Apa mungkin karena setelan gas ya?atau malah kampas kopling yang sudah aus?saya kok curiga kemungkinan yang kedua tadi. Kalau memang benar berarti harus siap-siap keluar dana agak banyak lagi,hahaha Asli menderita banget soalnya.

Pernah sih NJMX ini saya pakai boncengan dijalan datar, tarikan masih biasa saja tenaga juga ngisi terus sesuai tarikan gas, baru terasa di jalan menanjak ini. (Ochim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s