New Jupiter MX

Kelistrikan New Jupiter MX Mati, Belum tentu Akinya Rusak

New Jupiter MX 2013Masih tentang tunggangan baru ini, ketika mau riding bersama NJMX, posisi kontak sudah ON, tiba-tiba saja semua lampu indikator di speedometer mati, seperti indikator lampu Netral, radiator maupun lampu speedo. Biasanya kan posisi kontak sudah ON, lampu speedo dan lampu Netral nyala serta radiator nyala sebentar. Pakai double stater juga nggak bisa, akhirnya saya pakai engkol stater dan langsung nyala. Ketika mesin sudah nyala, terlihat lampu Netral berkedip dan redup, saya coba nyalakan lampu sein malah nyala redup dan tak berkedip, saya pikir pasti akinya yang bermasalah, apesnya mungkin minta ganti, mengingat dulu waktu pegang Supra X 125, kasusnya juga begitu, tiba-tiba saja semua indikator speedo mati, padahal sebelumnya masih normal nggak ada tanda-tanda aki lemah.

Tapi ini nggak dibawa ke bengkel dulu, masih saya pakai wira wiri untuk aktivitas kerja, namun entah kenapa tiba-tiba saja indikator speedo normal lagi, seperti lampu sein yang berkedip dan lampu speedo juga nyala, tapi sekali waktu mati lagi. Hingga akhirnya ada waktu luang saya bawa NJMX ke bengkel resmi Yamaha dekat rumah, saya sampaikan keluhan masalah kelistrikan tadi dan kesimpulannya setelah diperiksa, mekanik mengatakan aki minta ganti.

Agak ragu sebenarnya dengan keputusan bengkel, karena indikator speedo sempat normal kemudian mati lagi, lalu motor saya bawa pulang saja, selain karena memang lagi nggak ada anggaran untuk beli aki, juga saya penasaran kenapa kok bisa mati dan normal lagi.

Sampai rumah saya buka jok motor dan lihat-lihat sebentar kondisi aki, ada sebuah rumah sekring warna putih, saya buka dan iseng saya goyang-goyangkan sekringnya, kebetulan posisi kontak sedang ON, ketika saya goyang-goyang tadi lampu speedo sempat nyala tapi mati lagi, lalu saya melepas sekring dan pasang lagi, lampu speedo dan Netral nyala kemudian saya tekan double stater satu kali dan, brumm…mesin langsung nyala…walaah… ternyata sekringnya saja yang kurang rapat. Saya matikan mesin dan putar kontak ON lagi lalu tekan double stater mesin langsung nyala, sudah normal lagi.

Sampai sekarang sudah 4 minggu lebih masih normal dan nggak mati lagi, untung saja nggak saya turuti saran dari mekanik untuk ganti aki, ternyata hanya sekring saja yang kurang rapat. Saya jadi inget motor Mio Sporty dulu yang sudah terjual, sempat bermasalah juga dengan sekringnya. Sampai ibuk saya makainya harus diengkol dulu biar mesin nyala, karena pas berangkatnya ke pasar masih normal dan pulangnya pas ambil motor di parkiran nggak mau nyala. Padahal waktu itu Mionya masih tergolong baru. (Ochim)

 

Satu tanggapan untuk “Kelistrikan New Jupiter MX Mati, Belum tentu Akinya Rusak”

  1. Mantull gan, info yg sangat bermanfaat. Sama seperti yg saya alami nih. Mx ane kl kontak on lampu indikator kadang nyala kadang mati.kl motor hidup kaya aki soak.Padahal aki lum lama ganti,(masa blm setahun dah soak? hadeh apes bener nih beli aki).Ga sengaja nyangkut di mari dan memang ternyata masalahnya di sekring.sekring ane goyang2 idup,amazing padahal sekring ga putus n ga terlalu kotor.Ga kepikiran nyampe sekring,tadinya kirain kiprok atau spul yg masalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s