Informasi Umum

Pengalaman saat Mengurus Ijazah Pengganti

Pembaca sekalian…kali ini saya ingin menceritakan bagaimana sih langkah atau prosedur dalam mengurus ijazah yang terdapat kekeliruan saat penulisan. Silahkan disimak cerita pengalaman saya ini.

Beberapa waktu lalu setelah pengumuman kelulusan untuk siswa kelas XII di tingkat SMA seluruh Indonesia, pihak sekolah mulai mempersiapkan untuk penulisan Ijazah bagi seluruh siswa. Untuk jumlah siswa di sekolah tempat saya bekerja, ada 192 orang dari program IPA dan IPS dengan jumlah rombongan belajar 5 kelas. Nah dari sejumlah siswa tersebut, panitia menyiapkan 5 orang guru yang mempunyai ketrampilan khusus dalam penulisan Ijazah. Yup… dalam penulisan ijazah ini memang diperlukan skill khusus yaitu ketelitian dan konsentrasi penuh untuk meminimalisir kekeliruan dalam penulisannya serta seni dalam menulis.

Namun begitu, kembali lagi pada fitrah manusia yaitu tempatnya salah dan lupa, walaupun sudah menulis dengan hati-hati dan teliti, kekeliruan dalam penulisan itu tetap saja terjadi, beberapa blanko ijazah terdapat kesalahan dalam penulisan. Kalau sudah begini bagaimana mengatasinya? padahal sekolah sudah dijatah dari Dinas terkait bahwa jumlah blanko ijazah diberikan pas sesuai dengan jumlah siswa kelas XII, tidak ada ijazah cadangan. Akhirnya Bapak Kepala Sekolah menugaskan saya untuk mengurus penggantian ijazah yang keliru ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga di bagian kurikulum.

Langkah selanjutnya kalau terjadi kekeliruan penulisan adalah tentunya kita mengajukan lagi ke kantor Dinas dengan membuat surat permohonan permintaan ijazah pengganti yang di dalamnya berisi jumlah ijazah yang keliru dengan disebutkan nomer seri dan disebutkan juga tulisan mana yang salah lalu ditulis yang benar dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah.

Selain itu, saat mengajukan ke Dinas, kita diwajibkan membawa dan menunjukkan ijazah yang terdapat kesalahan penulisan tadi dan membawa stempel sekolah. Hal ini dimaksudkan sebagai bukti dan stempelnya adalah untuk serah terima blanko ijazah pengganti. Karena begitu pentingnya dan merupakan dokumen Negara maka penyerahan blanko ijazah harus disertakan stempel yang dibubuhkan ke tandatangan pihak yang mengambil.

Nah pengalaman saya saat mengurus blanko ijazah pengganti tadi pagi, stempel dibubuhkan ke tandatangan saya yang bertindak sebagai pengambil atau pemohon. Tandatangan sebanyak 3 kali, yang satu lembar untuk saya bawa sebagai bukti pengambilan sedangkan yang dua lembar untuk pihak yang menyerahkan, lalu selesai.

Alhamdulillah pengurusan permintaan ijazah pengganti tadi berjalan lancar. Menurut keterangan dari Kabag. Kurikulum, surat ijazah pengganti akan diteruskan ke Dinas Propinsi di Surabaya dan saya tinggal menunggu blanko ijazah baru kurang lebih 2 minggu lagi.  Demikianlah pengalaman saya saat mengurus ijazah pengganti, semoga bermanfaat bagi pembaca yang mampir ke blog ini. (ochim)

175 tanggapan untuk “Pengalaman saat Mengurus Ijazah Pengganti”

  1. Assalamualaikum kak,,,,
    Saya mau tanya kalau dari SD-SMA, nama ayah saya berbeda dengan kk dan akte kelahiran, itu gimana ya kak? kalau nama ayah saya di ijazah bisa diubah ngak?. Soalnya kalau yang di ubah itu kk dan akte kelahiran ngak bisa soalnya kakak dan adik saya sudah dapet ijazah. Nama ayah saya di ijazah beda sendiri dengan nama ijazah kakak dan adik saya. Saya baru lulus tahun 2015.

    Mohon bantuannya?.

    1. Gimana ijazah nya udah bisa d benerin apa ga, kalo bisa gimana cara nya punyaku jg salah nama ayah dari SD-SMA

  2. Assalamualaikum kak,,,,
    Saya mau tanya kalau dari SD-SMA, nama ayah saya berbeda dengan kk dan akte kelahiran, itu gimana ya kak? kalau nama ayah saya di ijazah bisa diubah ngak?. Soalnya kalau yang di ubah itu kk dan akte kelahiran ngak bisa soalnya kakak dan adik saya sudah dapet ijazah. Nama ayah saya di ijazah beda sendiri dengan nama ijazah kakak dan adik saya. Saya baru lulus tahun 2015.
    Mohon bantuannya?.

    1. Gimana ijazah nya udah bisa d benerin apa ga, kalo bisa gimana cara nya punyaku jg salah nama ayah dari SD-SMA

    2. Sekarang gimna kak bisa di perbaiki gk kaak? Saya juga ada yg salah nama ayah dan tmpt tgl lahir kak? Kasih infonya kak

  3. Kesalahan penulisan tahun lahir dalam ijasah apakah sah jika hanya diganti dengan surat keterangan keabsahan dari pihak akademik sj?

      1. Mas prosedur untuk mengubah tanggal lahir yang salah bagaimana ya? 06 Agustus 1996 benar
        di ijazah 26 Agustus 1996
        Prosedur nya bagaimana ya

  4. mas mau tanya kalo ijazah saya luntur kena map trus fotonya jadi blur warnanya itu gimana?? apa perlu diperbarui atau mengurus ijazah baru?? mohon informasinya.. saya lulusan tahun 2015

    1. it nantinya dapat pengganti ijasah berupa surat keterangan saja,smpean datang saja ke sekolah biar nanti tau data apa saja yg harus dipersiapkan untk smpean urus di kantor dinas pendidikan.

  5. kalau surat keterangan hilang ijazah itu apa sama kuatnya dengan ijazah asli ? kata orang2 ada perusahaan2 yg tdk menerima kalau tdk ada ijazah asli . trerima kasih .

  6. Saya ingin bertnya, ijazah saya stempel nya sudah kabur jika d foto copy dah gak klhtan stmpel nya, jika stempel lngsung apa bisa ? kalau ga bisa solusi nya gmna? thanks

  7. Kak saya lulus tahun 2015 ijazah smp sma salah dlm penulisan nama orgtua apakah masih bisa diperbaiki?
    Moh2on bantuannya

  8. SAYA BARU LULUS DARI SMA MENDAPATKAN IJAZAH PAS MAU CAP 3JARI FOTO SAYA KETUKAR SAMA FOTO TEMEN SAYA PADAHAN IJAZAH SUDAH DI STEMPEL SEKOLAH GIMANA SOLUSINYA TOLONG BANTUANNYA..TERIMAH KASIH

      1. saya tanya kepada kepala sekolah gk masalah tinggal di kasih parap kepala sekolah ajah bahwa ada kesalahan sedikit
        TERIMAH KASIH SEBELUMNYA

        1. Ijasah itu termasuk surat berharga…kesalahan tersebut menurut saya bukan kesalahan sedikit…karena foto termasuk identitas yang bersangkutan…pernah ada kasus di sekolah saya,sebuah nama di ijasah ada 1 hurufnya yang tidak jelas…siswa tersebut minta diperbaiki…bukan dihapus lalu ditulis lagi,tapi mengajukan blanko ijasah baru lagi untuk ditulis ulang…(karena masih baru terbit). ya mungkin tiap kebijakan kepsek berbeda-beda…kalo memang gitu adanya,mudah2an suatu saat tidak ada masalah ketika anda menggunakan ijasah untuk mencari kerja maupun untuk kepentingan lain.

    1. pertama ke sekolah dulu,konsultasi ke waka kurikulum mengenai hilangnya ijazah…nantinya smpean disuruh melengkapi berkas yang harus dibawa sebelum ke dinas pendidikan…karena nantinya yang mengurus adalah dinas pendidikan setempat…kemudian dinas pendidikan akan menerbitkan surat keterangan pengganti ijazah, bukan menerbitkan ijazah lagi..

  9. Kalau nisn di ijazah SD dan SMP salah bagaimana? Lalu jika saat SMA ijazahnya nisnnya diperbaiki sehingga beda dan ijazah sebelumnya. Apakah hal ini berpengaruh besar? Lalu apa ini bisa menjadi penyebab kegagalan snmptn?

  10. Kak mau nanya .
    Nama orang tua di ijasah SD sampai SMP ku salah .
    Trus nama aku di SKHU SMK aaku jg salah .
    Ada solusinya ?
    Kalau nama orang tua yg di ubah mustahil . Karena saudara aku udah make yg benerny dan udah ktempel di ijasah mreka .
    Terimah kasih .

  11. Kak mau nanya .
    Nama orang tua di ijasah SD sampai SMP ku salah .
    Trus nama aku di SKHU SMK aku jg salah .
    Ada solusinya ?
    Kalau nama orang tua yg di ubah mustahil . Karena saudara aku udah make yg benerny dan udah ktempel di ijasah mreka .
    Terimah kasih .
    Oiyah aku tamat SMK tahun lalu .

    1. trus nama ortu di jazah smk sudah bener apa keliru juga?menurut saya ga terlalu masalah…yang penting adalah ejaan nama siswa, nomer induk, dan tanggal kelahiran harus sesuai…

  12. Mas mau tanya saya sekolah swasta . saya mau minta pengganti ijazah tp kata sekolahan biar diurus sekolahan . trus saya suruh siapin uang 2000 bener ga itu ?

  13. Mas mau tanya… Adk saya sewaktu pendaftaran ke SMP pakai SKHU, tapi ternyata SKHU SD nya ada kesalahan nama,,, sama dia tidak di perbaiki, pakai SKHU itu aja,,, begitu bagi raport smp nama yg salah itu tertulis, tapi sudah di lapor ke sekolah, dan diganti nama yg bener di raport nya, sampainkelas 2 salah terus dan melapor terus, pertanyaan ku mas, apa nanti pengaruh waktu ujian nasional????

  14. Mas mau tanya… Adk saya sewaktu pendaftaran ke SMP pakai SKHU, tapi ternyata SKHU SD nya ada kesalahan nama,,, sama dia tidak di perbaiki, pakai SKHU itu aja,,, begitu bagi raport smp nama yg salah itu tertulis, tapi sudah di lapor ke sekolah, dan diganti nama yg bener di raport nya, sampai kelas 2 salah terus dan melapor terus, pertanyaan ku mas, apa nanti pengaruh waktu ujian nasional????

    1. Pada saat sebelum ujian nasional, dinas pendidikan membuat daftar nama siswa tetap, daftar nama tersebut harus di koreksi dulu berdasarkan nama yang ada di ijazah SMP, sehingga pada saat nomer peserta ujian dicetak sudah tidak ada kekeliruan…

  15. Bang saya mau nanya ni, jika penulisan nama orang tua salah terus di ganti sendiri dengan di oret2 tanpa sepengetahuan dinas terkait apakah di benarkan.dan pihak sekolah sudah memberi surat keterangan dan intinya salah mata pena dari surat lampiran tersebut. Jika di kasuskan apa bisa yang bersangkutan di pidanakan…. Mohon pencerahannya.

  16. Maaf mas mau tanya kalo nama ayah di ijazah SD sampe SMA berbeda dg di akta kelahiran itu bermasalah gk ya klo untuk mendftar cpns?? Trmksh

      1. Bang mau tanya saya ingin melanjutkan kuliah tapi nama ayah di ijazah saya salah apa itu juga harus mengurus surat keterangan??? Mohon bantuannya

  17. Mas mau tanya kalo ijazah saya dari SD SMP salah menuliskan tempat lahirnya gimana? kan harusnya nama kabupatennya la itu malah kecamatannya. itu pengaruh tidak?

    1. harusnya diurus sejak dulu ketika lulus SD…kalo sekarang ya cuma dapat surat keterangan tentang kekeliruan tempat lahir…ngurusnya di kantor dinas pendidikan setempat…coba konsultasikan dulu ke sekolahnya dulu.

  18. Assalamu’alaikum Wr.Wb

    mohon bantuan dan solusinya dari kakak yang sudah berpengalaman
    diakte: Nur Hidayatul Khairisa
    di KK: Nur hidayatul Khairisa
    di KTP : Nur hidayatul Khairisa
    ijazah SD,SMP,SMA : Nurhidayatul Khairisa

    saya bingung, gimana solusinya yang tepat dan lagi tidak ada tempat bertanya, apakah perbedaan nama antara KTP dan ijazah tersebut berakibat fatal di ijazah kuliah saya nanti..
    TERIMAKASIH

    1. Wa’alaikumsalam Warahmatullohi Wabarokatuh
      kalo menurut saya, karena untuk ijazah SD,SMP,SMA ejaannya sudah terlanjur sama, maka lebih baik yg diperbaiki adalah akte, KK dan ktp saja, mengikuti ejaan di ijazah…karena kalo nama di ijazah yang diperbaiki, maka nanti hanya dapat surat keterangan pengganti ijazah (format seperti kertas piagam) yang diterbitkan oleh sekolah atau dinas pendidikan setempat, bukan lagi bentuk ijazah, kan sayang banget…lebih baik nama di akte, KK dan KTP dirubah mengikuti ejaan di ijazah saja…karena mengurusnya mudah…
      Untuk penerbitan ijazah kuliah, acuannya adalah ijazah SMA…bukan KTP atau akta…

  19. assalamualaikum
    kak mohon bantuan dan solusinya karena kakak sudah berpengalaman sebelumnya,
    jadi gini kak ijazah SMP saya terjadi kesalahan, pada penulisan tempat, tanggal lahir, nama orang tua, dan nisn,
    saat ini saya sudah duduk di bangku kelas 3 SMA, apakah masih bisa mengurus surat keterangan pengganti ijazah kak?

    1. Wa’alaikumsalam…
      bisa…silahkan datang ke sekolah SMP… nanti biar diarahkan sama waka kurikulum atau Ka.TU…. kemudian nanti kalau sudah kelulusan UN SMA, kamu bilang ke waka kurikulum bahwa ada kekeliruan pada ijazah SMP… karena ijazah SMP mu nanti dijadikan acuan untuk penulisan di ijazah SMA…

  20. Assalamualaikum wr wb
    Kak mau tanyak, nih bagiku pengalaman yg aneh dan fatal banget. Nomor NISN saya dari SD sampai SMA lulusan 2016.Namun saya ternyata bisa masuk ke perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN. Padahal dari beberapa artikel yang saya baca kalau nomor NISN yang bermasalah tidak bisa masuk ke perguruan tinggi. Tapi nyatanya saya bisa masuk di pengguruan tinggi. Kesalahan nomor NISN baru saya ketahui setelah kuliah semester 3 dan baru dibuatkan NISN yang baru oleh pihak sekolah SMA. Saya hanya diberi surat keterangan dr sekolah saya saja. Jika sudah dibuatkan nomor NISN yang baru. Tapi saya belum mengurus ke dinas pendidikan hingga tahun 2018 ini yang juga sudah beekuliah semester 5. Saya bingung, apa yang harus saya lakukan. Mohon bantuannya sangat.

  21. Assamu’alaikum
    Ka mau tanya saya lulusan 2016, saya sudah menikah
    Saya mau mengurus surat pindah dan buat kk ktp dgn alamt baru, tapi dulu saat saya mau bekerja ada nama saya di ijazah sd sampai smk, kk, ktp dan akte berbeda otomatis saya perbaiki nama saya di samakan dengan ijazah, tetapi akte kelahiran saya belum ubah karna waktu kerja ga pake akte, waktu saya nikah pun saya ga pake akte kelahiran, nah skrg berhubung saya pindah harus menggunakan akte saat saya mau membetulkan akte syaratnya pake ijazah terakhir dan saat di cek oleh petugas ternyata nama ayah saya pun salah berbeda dengan akte kk dan ktp, salahnya dari ijazah sd sampai smk, saya bingung gmn cara ngebetulin nama ayah di ijazah saya karna ga mungkin kalo kk dan kt karna ijazah adik saya sudah keluar dan penulisan ayah nya sudah benar. Mohon bantuannya ka

    1. wa’alaikumsalam…
      maaf lebih baik tanyakan solusinya ke petugas bagaimana?karena ijazah dr pada dirumah lebih baik ya akta atau KK yang dirubah..

  22. Saya mau nanya tentang sidik jari ijaza yang menutupi wajah sebagian apa ada pengaruhnya.
    Saya baru lulusan 2018
    Apakah foto ijazah saya bisa di ganti

  23. Permisi mas mau tanya ijazah SD saya berbeda dengan ijazah SMP dan SMA serta akta kelahiran, kk & Ktp d ijazah SD nama saya Yuli Fermatasari Anjelina Tgl lahir 10 Desember 1998
    Kalo di Ijazah SMP,SMA,KK,KTP nama saya Yuli permatasari tgl lahir 10 maret 1998
    Apa yg harus saya lakukan mas supaya nama di ijazah SD sama dengan berkas2 yg lain

    1. kalo menurut saya dibuatkan surat keterangan saja dr dinas…konsultasikan melalui sekolah smpean…nanti biar diarahkan..trs sampean jelaskan yang benar ejaan yang mana..

    2. Pak kalo nama orang tua (Ayah)salah di ijazah dari sd sampai sma, itu solusinya gimana? Soalnya ini semua berawal dari akte lahir yang salah penulisan nama ayah, kalau di kk namanya diubah mengikuti nama yg di ijazah,nantinya malah kesalahanya berimbas ke adik aku yang nama orang tuanya sudah benar…
      Soalnya saya mau coba tes Polri kan percuma kalo nanti gagal pas di administrasi..

  24. Permisi mas mau tanya ijazah SD saya berbeda dengan ijazah SMP dan SMA serta akta kelahiran, kk & Ktp,di ijazah SD nama saya Yuli Fermatasari Anjelina Tgl lahir 10 Desember 1998
    Kalo di Ijazah SMP,SMA,KK,KTP nama saya Yuli permatasari tgl lahir 10 maret 1998
    Apa yg harus saya lakukan mas supaya nama di ijazah SD sama dengan berkas2 yg lain

  25. Permisi mas mau tanya ijazah SD saya berbeda dengan ijazah SMP dan SMA serta akta kelahiran, kk & Ktp,di ijazah SD nama saya Yuli Fermatasari Anjelina Tgl lahir 10 Desember 1998
    Kalo di Ijazah SMP,SMA,KK,KTP nama saya Yuli permatasari tgl lahir 10 maret 1998
    Apa yg harus saya lakukan mas supaya nama di ijazah SD sama dengan berkas2 yg lain
    Yg saya inginkan nama saya di ijazah SD Yuli permatasari tgl lahir 10 maret 1998
    Tolong jawab mas

  26. Slamat siang mas
    Tolong kasi saya solusi nya mgenai ijazah saya di tahun lahir salahdari SD ampe SMA
    beda dengan AKTE KK KTP
    dan skarng saya ada buat surat pengntar dari sekolah kesalahaan penulisan ijazah
    Apakah surat pengntar itu bisa di lampir kan bersama” ijazah

    Karna saya mau ubah AKTE KK & KTP
    Tpi dari dukcapil
    Blng tdk bisa karena mereka yg mengeluar kan AKTE KK
    Terlebih dahulu sebelum ijazah

    Mohon solusi nya dong Mas

    Trima kasih
    Tnggl lahir di

    1. buatkan surat keterangan saja di tiap ijazah mengenai kekeliruannya…smpean datang ke sekolah SD/SMP/SMA nanti biar diarahkan sama petugas TU di sekolah…

  27. Pak kalo nama orang tua (Ayah)salah di ijazah dari sd sampai sma, itu solusinya gimana? Soalnya ini semua berawal dari akte lahir yang salah penulisan nama ayah, kalau di kk namanya diubah mengikuti nama yg di ijazah,nantinya malah kesalahanya berimbas ke adik aku yang nama orang tuanya sudah benar…
    Soalnya saya mau coba tes Polri kan percuma kalo nanti gagal pas di administrasi..

Tinggalkan komentar