Cara Menambah Angin Ban Sendiri di SPBU

Yamaha mio di SPBUSekarang ini sudah banyak kompresor penambah angin untuk kendaraan bermotor tersedia di setiap SPBU, fasilitas ini gratis lagi. Jadi nggak perlu nyari tukang tambal ban dan bisa ngisi sendiri. Oya bisanya juga ada kran untuk menambah air radiator mobil. Wujud kepedulian untuk para pengendara yang sedang melakukan perjalanan.

Namun ternyata nggak semua pengendara tahu bagaimana caranya mengisi angin sendiri. Hal ini juga pernah saya alami saat ngisi bensin di SPBU di depan kampus UMM Malang. Waktu itu di jalan ban terasa empuk banget sehingga nggak enak di pake jalan. Kebetulan tanki bensin lagi kosong dan mampir di SPBU depan kampus. Sebenarnya memang ada tempat untuk menambah angin sendiri namun karena saya nggak bisa dan kebetulan buru-buru jadi males untuk coba ngutak-ngatik memakainya.

Ujung slang kompresorNah, beberapa waktu lalu saat saya hendak melakukan perjalanan ke Mojokerto, ban motor depan-belakang terasa kurang angin, akhirnya mampir dulu di SPBU jalan Jombang, Kandangan. Saya coba untuk cari tahu dengan melakukan observasi sebentar terhadap ujung slang penambah angin tersebut๐Ÿ˜› , ujung tersebut kita sambungkan ke pentil ban lalu tarik tuas warna hitam ke belakang untuk mengunci pentil ban. Kemudian tekan dan lepas pegangan slang untuk membuka/menutup saluran angin dari kompresor menuju ban motor. Jika ban sudah terasa keras, tarik ke atas tuas pengunci pentil tadi.

Foto3Begitulah hasil observasi dan riset yang saya lakukan terhadap kompresor penambah angin ban,hwhehee๐Ÿ˜›๐Ÿ˜› . Kelihatannya memang simpel, tapi bagi yang nggak pernah melakukannya, tentu kelihatannya ribet dan susah akhirnya jadi males untuk tambah angin sendiri di SPBU.

Sekarang ayo biasakan untuk memperhatikan tekanan ban pada kendaraan anda, jika terasa kurang, mampir ke SPBU yang sudah banyak menyediakan pompa kompresor penambah angin, ketimbang harus nyari tukang tambal ban dulu lalu bayar lagi. (Ochim) ย 

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

26 responses to “Cara Menambah Angin Ban Sendiri di SPBU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: