Motor

Cara Ganti Oli Transmisi Pada Motor Yamaha Mio

Oli YamalubeSelain memperhatikan oli mesin, pada motor matik juga harus mengganti secara teratur oli transmisi atau bisa juga disebut oli gardan. Secara periodik, oli transmisi harus diganti setiap 8000 km sekali. Untuk lebih mudahnya tiap 4x ganti oli mesin, 1x ganti oli transmisi. Sekedar diketahui, untuk motor mio ibu saya ini, penggantian oli mesin saya lakukan tiap 2000 km sekali. Walaupun mekanik bengkel resmi menyarankan tiap 2500 km tapi menurut saya kok terlalu lama. Lha wong oli yang 2000 km saja sudah hitam pekat.

Lalu bagaimanakah cara ganti oli transmisi? berikut ini saya coba praktekkan :

Foto-1120 Pertama, posisikan motor mio dalam keadaan standar tengah. Kedua, sediakan oli transmisinya dulu 😀 bisa ditebus seharga 10.500 perak. Bisa di cari di bengkel resmi atau toko sparepart terdekat. Ketiga, Buka baut pembuangan, letaknya dibawah bongkahan CVT-nya, ada baut yang menghadap kebawah, pakai kunci ring 12. Buka bautnya ke arah berlawanan jarum jam. Jangan lupa sediakan juga wadah untuk menampung oli bekasnya. Tunggu sekitar 10 menit biar oli benar-benar tidak menetes lagi. Kalau perlu, miringkan motor ke samping kiri untuk memaksimalkan pengeluaran oli.

Keempat, setelah sudah nggak ada tetesan lagi, tutup kembali baut pembuangan tersebut. Putar pakai tangan dulu sampai mentok, lalu baru pakai kunci ring 12 untuk mengencangkan. Kelima, buka baut putih yang ada diantara tromol dan shock belakang pakai tang.

Foto-1119

Foto-1121 Keenam, potong ujung botol oli transmisi pakai gunting lalu tuangkan melalui lubang masuknya di bagian atas, lalu tekan-tekan botolnya untuk melancarkan oli biar cepet masuk. Selesai, tutup kembali. (Ochim)

31 tanggapan untuk “Cara Ganti Oli Transmisi Pada Motor Yamaha Mio”

  1. motor saya spacy, oli saya yamaha.

    abis yamaha ga bikin helm-in, udah di E-mail dari setahun yang lalu ga ada respon tuk, bikin sampe sekarang.

    padahal ane penggemar yamaha.

    😦 😦 😦 😦 😦 😦 😦 😦 😦 😦 😦

  2. saya ceritanya bongka kalbulator mio setelah hidup eee tida nyala kenapa ya barangkali ada yang tau beritau dong caranya

  3. sekedar share mas Ochim, sy pengguna Mio J, sy iseng coba pake oli FK Massimo Trinity 0W-20 suaranya makin halus, apalagi sy selalu isi pake Shell atau Total, ga pernah sama sekali pake Premium…
    kalo Oli Gardan seblum ganti, krna masih 5000km,,,
    ntar sy update lagi mas…makasih

      1. itu Oli per galon 4 liter mas, sy iseng patungan bersama tmn sy..harganya sekitar 500rb ke atas per galon, tp ada beberapa tmn yg udah biasa jg isi 5W-30 API SN ILSAC GF 5, kemasan 4 liter juga patungan buat motor kan cuman kepake 1 liter 🙂

  4. itu Oli per galon 4 liter mas, sy iseng patungan bersama tmn sy..harganya sekitar 500rb ke atas per galon, tp ada beberapa tmn yg udah biasa jg isi 5W-30 API SN ILSAC GF 5, kemasan 4 liter juga patungan buat motor kan cuman kepake 1 liter 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s