Pengalaman saat Mengurus Ijazah Pengganti

Pembaca sekalian…kali ini saya ingin menceritakan bagaimana sih langkah atau prosedur dalam mengurus ijazah yang terdapat kekeliruan saat penulisan. Silahkan disimak cerita pengalaman saya ini.

Beberapa waktu lalu setelah pengumuman kelulusan untuk siswa kelas XII di tingkat SMA seluruh Indonesia, pihak sekolah mulai mempersiapkan untuk penulisan Ijazah bagi seluruh siswa. Untuk jumlah siswa di sekolah tempat saya bekerja, ada 192 orang dari program IPA dan IPS dengan jumlah rombongan belajar 5 kelas. Nah dari sejumlah siswa tersebut, panitia menyiapkan 5 orang guru yang mempunyai ketrampilan khusus dalam penulisan Ijazah. Yup… dalam penulisan ijazah ini memang diperlukan skill khusus yaitu ketelitian dan konsentrasi penuh untuk meminimalisir kekeliruan dalam penulisannya serta seni dalam menulis.

Namun begitu, kembali lagi pada fitrah manusia yaitu tempatnya salah dan lupa, walaupun sudah menulis dengan hati-hati dan teliti, kekeliruan dalam penulisan itu tetap saja terjadi, beberapa blanko ijazah terdapat kesalahan dalam penulisan. Kalau sudah begini bagaimana mengatasinya? padahal sekolah sudah dijatah dari Dinas terkait bahwa jumlah blanko ijazah diberikan pas sesuai dengan jumlah siswa kelas XII, tidak ada ijazah cadangan. Akhirnya Bapak Kepala Sekolah menugaskan saya untuk mengurus penggantian ijazah yang keliru ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga di bagian kurikulum.

Langkah selanjutnya kalau terjadi kekeliruan penulisan adalah tentunya kita mengajukan lagi ke kantor Dinas dengan membuat surat permohonan permintaan ijazah pengganti yang di dalamnya berisi jumlah ijazah yang keliru dengan disebutkan nomer seri dan disebutkan juga tulisan mana yang salah lalu ditulis yang benar dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah.

Selain itu, saat mengajukan ke Dinas, kita diwajibkan membawa dan menunjukkan ijazah yang terdapat kesalahan penulisan tadi dan membawa stempel sekolah. Hal ini dimaksudkan sebagai bukti dan stempelnya adalah untuk serah terima blanko ijazah pengganti. Karena begitu pentingnya dan merupakan dokumen Negara maka penyerahan blanko ijazah harus disertakan stempel yang dibubuhkan ke tandatangan pihak yang mengambil.

Nah pengalaman saya saat mengurus blanko ijazah pengganti tadi pagi, stempel dibubuhkan ke tandatangan saya yang bertindak sebagai pengambil atau pemohon. Tandatangan sebanyak 3 kali, yang satu lembar untuk saya bawa sebagai bukti pengambilan sedangkan yang dua lembar untuk pihak yang menyerahkan, lalu selesai.

Alhamdulillah pengurusan permintaan ijazah pengganti tadi berjalan lancar. Menurut keterangan dari Kabag. Kurikulum, surat ijazah pengganti akan diteruskan ke Dinas Propinsi di Surabaya dan saya tinggal menunggu blanko ijazah baru kurang lebih 2 minggu lagi.  Demikianlah pengalaman saya saat mengurus ijazah pengganti, semoga bermanfaat bagi pembaca yang mampir ke blog ini. (ochim)

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

130 responses to “Pengalaman saat Mengurus Ijazah Pengganti

  • alif

    Assalamualaikum kak,,,,
    Saya mau tanya kalau dari SD-SMA, nama ayah saya berbeda dengan kk dan akte kelahiran, itu gimana ya kak? kalau nama ayah saya di ijazah bisa diubah ngak?. Soalnya kalau yang di ubah itu kk dan akte kelahiran ngak bisa soalnya kakak dan adik saya sudah dapet ijazah. Nama ayah saya di ijazah beda sendiri dengan nama ijazah kakak dan adik saya. Saya baru lulus tahun 2015.

    Mohon bantuannya?.

  • alif

    Assalamualaikum kak,,,,
    Saya mau tanya kalau dari SD-SMA, nama ayah saya berbeda dengan kk dan akte kelahiran, itu gimana ya kak? kalau nama ayah saya di ijazah bisa diubah ngak?. Soalnya kalau yang di ubah itu kk dan akte kelahiran ngak bisa soalnya kakak dan adik saya sudah dapet ijazah. Nama ayah saya di ijazah beda sendiri dengan nama ijazah kakak dan adik saya. Saya baru lulus tahun 2015.
    Mohon bantuannya?.

  • Dewi

    Ehmmm … yang bener bisa diganti?
    Soalnya penulisan nama saya salah dari SD ! 😢

  • armin

    Kesalahan penulisan tahun lahir dalam ijasah apakah sah jika hanya diganti dengan surat keterangan keabsahan dari pihak akademik sj?

  • probo kris

    mas mau tanya kalo ijazah saya luntur kena map trus fotonya jadi blur warnanya itu gimana?? apa perlu diperbarui atau mengurus ijazah baru?? mohon informasinya.. saya lulusan tahun 2015

    • ochimkediri

      it nantinya dapat pengganti ijasah berupa surat keterangan saja,smpean datang saja ke sekolah biar nanti tau data apa saja yg harus dipersiapkan untk smpean urus di kantor dinas pendidikan.

  • afif ahmad al fandi

    kalau surat keterangan hilang ijazah itu apa sama kuatnya dengan ijazah asli ? kata orang2 ada perusahaan2 yg tdk menerima kalau tdk ada ijazah asli . trerima kasih .

  • EDI

    Saya ingin bertnya, ijazah saya stempel nya sudah kabur jika d foto copy dah gak klhtan stmpel nya, jika stempel lngsung apa bisa ? kalau ga bisa solusi nya gmna? thanks

  • Trisna

    Kak saya lulus tahun 2015 ijazah smp sma salah dlm penulisan nama orgtua apakah masih bisa diperbaiki?
    Moh2on bantuannya

  • Muhammad Dandi

    SAYA BARU LULUS DARI SMA MENDAPATKAN IJAZAH PAS MAU CAP 3JARI FOTO SAYA KETUKAR SAMA FOTO TEMEN SAYA PADAHAN IJAZAH SUDAH DI STEMPEL SEKOLAH GIMANA SOLUSINYA TOLONG BANTUANNYA..TERIMAH KASIH

    • ochimkediri

      silahkan datang ke sekolah dan minta untuk diperbaiki,,,karena masih baru diterbitkan,sepertinya masih bisa diperbaiki.

      • Dandi

        saya tanya kepada kepala sekolah gk masalah tinggal di kasih parap kepala sekolah ajah bahwa ada kesalahan sedikit
        TERIMAH KASIH SEBELUMNYA

        • ochimkediri

          Ijasah itu termasuk surat berharga…kesalahan tersebut menurut saya bukan kesalahan sedikit…karena foto termasuk identitas yang bersangkutan…pernah ada kasus di sekolah saya,sebuah nama di ijasah ada 1 hurufnya yang tidak jelas…siswa tersebut minta diperbaiki…bukan dihapus lalu ditulis lagi,tapi mengajukan blanko ijasah baru lagi untuk ditulis ulang…(karena masih baru terbit). ya mungkin tiap kebijakan kepsek berbeda-beda…kalo memang gitu adanya,mudah2an suatu saat tidak ada masalah ketika anda menggunakan ijasah untuk mencari kerja maupun untuk kepentingan lain.

  • nia

    Mas,klo ijazah yang hilang,bukan rusak lho,
    bgm dong ngurusnya?

    • ochimkediri

      pertama ke sekolah dulu,konsultasi ke waka kurikulum mengenai hilangnya ijazah…nantinya smpean disuruh melengkapi berkas yang harus dibawa sebelum ke dinas pendidikan…karena nantinya yang mengurus adalah dinas pendidikan setempat…kemudian dinas pendidikan akan menerbitkan surat keterangan pengganti ijazah, bukan menerbitkan ijazah lagi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: