Bagi yang mempunyai tunggangan motor bebek yang berusia diatas 2 tahun pasti mempunyai masalah pada body yang mulai bergetar. Tidak heran memang karena seperti kita ketahui bahwa motor bebek sebagian besar diselimuti body yang terbuat dari plastik.
Fitur getar ini ditimbulkan karena sambungan di beberapa bagian saling bergesekan akibat dari getaran mesin. Nah…bunyi getaran ini yang paling sering kita temui ada pada bagian sambungan headlamp, sayap samping ataupun body belakang tepatnya di bagian stoplamp. Seperti pada motor Supra X 125 milik saya, terdapat bunyi getar yang terdapat pada sambungan antara batok lampu depan sebelah kanan dengan cover speedometer.
Cara memperbaikinya beragam, teman saya pernah menyarankan untuk memakai isolasi doble tip yang ditempelkan di bagian antara sambungan body yang getar tadi. Tapi kok terlalu ribet karena harus buka batok lampu (ribet opo males) :D, maka saya mencoba memanfaatkan alat dan bahan sederhana yang saya punya. Bahan yang disiapkan adalah castol, gunting dan karet ban dalam bekas. Mungkin kalau pada bagian sayap ataupun stoplamp bisa memakai isolasi doble tip dengan cara membuka cover body terlebih dahulu.
Langkah pertama potong karet sesuai ukuran yang akan ditempel, lalu diolesi lem castol,
kemudian langkah selanjutnya tempelkan karet yang sudah diolesi lem pada sambungan body yang getar dengan memasukkan pelan-pelan, selesai.
Kita coba nyalakan mesin lalu tarik gas untuk mengetahui apakah masih ada suara getarnya. Last…silahkan mencoba cara sederhana ini. (ochim)
photo by Samsung GT-C3322
nais inpoh gan
nuhun kunjungannya sob 😀
bandingkan dengan motor sebelah, bautnya banyak,,,jd ya lebih gk berisik…
miris dan ngakak ngelihat BC nye fby, katanya plastik h kayak ember,,,padahal material plastik yo itu2 saja, sami mawon,,,
bedanya yamaha bautnya lebih akeh…lihat saja di kiri kanan speedo ada baut 2…
iya la wong sama2 pake plastik,btw saya baru tau kalo di yamaha ternyata baut nya lebih banyak to.
emang baut headlamp supra x ada berapa bro ?
Mungkin bukan bahan plastik/ jumlah baut yg lebih banyak.
coba bongkar syap/ batok motor Y, sbelum baut/ sambungan dibuatkan karet agar menghindari getaran.
bisa jadi tuh sob,makanya jadi minim getaran ya 😀
sip infro.. solusi murah meriah, ketimbang ganti motor..
ahahaaa aya2 wae 😀
╔═╦╦═╦╦╦╗╔═╦╦═╦╦╦╗
║╚╣║║║║║║║╚╣║║║║║║
╠╗║║╔╬╬╬╣╠╗║║╔╬╬╬╣
╚═╩╩╝╚╩╩╝╚═╩╩╝╚╩╩╝
thanks kunjungannya sob 🙂
Jiah, disolatip ? Tapi bebek Honda rata – rata mank gitu, wajar 😀
yang penting ga bergetar lagi 😀
kualitas plastik paling bagus punya suzuki.. kilapnya tahan lama hampir diseluruh bagian motor..:D tapi itu dulu.. sekarang plastik kinclongnya cuma sekitar 40%
waah bahannya udah ganti kali 😀
good info bro
thanks kunjungannya sob 😀
mas, material plastik itu gak sama lho, ada ratusan macam bahan baku plastik dan kombinasinya mcm2, mungkin ribuan kombinasi, so kualitas plastik gak sama. kalo mtr skrg krn ngejar harga murah n fast production, kualitas plastiknya emang beda dg mtr jmn dulu, saya mbandingin plastik ymh alfa n supra ane (kebetulan punya 2-2-nya) yg supra plastiknya getas (brittle) kalo yg alfa lebih lentur so wlpun jauh lebih tua alfa (1993), tp gak ada body yg pecah, padahal vibrasi mesin 2T lebih kuat loh, kalo supranya sih knp ya, plastik body, pegangan baut, pd pecah2 dg sendirinya (baru 5 thun)
siiip,emang bahan plastik beda2 dan mempengaruhi kualitasnya.
Wah makasih mas infonya sangat bermanfaat sekali pastinya buat motor-motor yang usianya sudah cukup senja. Motor saya Karisma kira2 sudah 7 tahun ,,, bergetar bodynya…ga enak banget kalo lewat jalan yang kurang mulus,,,serasa ada gempa kecil dan bunyinya itu …. krek…krek….ngik…ngik…. sudah sering diakalin juga diganjel yang sudah longgar-longgarnya. Tapi tetap saja bunyi itu tetap ada. Thanks a lot…
sama2,silahkan dicoba 😀
Ooooo.. diganjal gtu ya gan….
yup,
Coba bro pake plastik bodynya motor TVS kualitasnya kayaknya blm ada yg ngalahin se Indonesia. Diinjek, dipukul-pukul, ditendang kuat dan anti pecah dan getar, yang penting asal jangan ditabrakin sama besi atau batu aja
bozz,, castol t lem apa?? gntiny ap lo gk ad?
saya pake castol aja masbro,kalo yang laen belum pernah nyoba….
kalau yang getar mesin terutama dibagian footstep belakang [ada rpm tinggi, bagaimana cara mengatasi?????????????
wah kalo itu coba konsultasikan ke ahass aja bang,
Hahahaha,sekalian di ikat,lebi baik di model jadi motor tassi ala pinrang
Wooo dilem castol…
mantatapppp
hahaahahha mentatapp jug dah…
mas, cara setting karburator manual yang pas gimana yo, kalo pagi susah idup ni kuda besi..
matur nuwun
ok gann boleh d coba
silahkan.. 😀
mas klo di lem gitu kan body ny kebuka,,,,gimana kalo waktu kecuci air masuk dalem g???
mungkin bisa masuk dalam.
oke.mksih infonya….ntar sy coba
silahkan bang…
Kalo ane cuma nambahin ring pada baut dasboard yang nempel ke stang. Ring nya berada diantara dasboard dan stang. Sehingga dasbboard sedikit tertarik kebelakang. Dengan begitu ketika batok depan dipasang, jadi lebih ketat/ngeplak
swiip…suwun infone mas…