Motor

Cara Mengatasi Body Getar pada Motor Bebek

Bagi yang mempunyai tunggangan motor bebek yang  berusia diatas 2 tahun pasti mempunyai masalah pada body yang mulai bergetar. Tidak heran memang karena seperti kita ketahui bahwa motor bebek sebagian besar diselimuti body yang terbuat dari plastik.

Fitur getar ini ditimbulkan karena sambungan di beberapa bagian saling bergesekan akibat dari getaran mesin. Nah…bunyi getaran ini yang paling sering kita temui ada pada bagian sambungan headlamp, sayap samping ataupun body belakang tepatnya di bagian stoplamp. Seperti pada  motor Supra X 125 milik saya, terdapat bunyi getar yang terdapat pada sambungan antara batok lampu depan sebelah kanan dengan cover speedometer.  

Cara memperbaikinya beragam, teman saya pernah menyarankan untuk memakai isolasi doble tip yang ditempelkan di bagian antara sambungan body yang getar tadi. Tapi kok terlalu ribet karena harus buka batok lampu (ribet opo males) :D, maka saya mencoba memanfaatkan alat dan bahan sederhana yang saya punya. Bahan yang disiapkan adalah castol, gunting dan karet ban dalam bekas. Mungkin kalau pada bagian sayap ataupun stoplamp bisa memakai isolasi doble tip dengan cara membuka cover body terlebih dahulu.

Langkah pertama potong karet sesuai ukuran yang akan ditempel, lalu diolesi lem castol,

kemudian langkah selanjutnya tempelkan karet yang sudah diolesi lem pada sambungan body yang getar dengan memasukkan pelan-pelan, selesai.

 

Kita coba nyalakan mesin lalu tarik gas untuk mengetahui apakah masih ada suara getarnya. Last…silahkan mencoba cara sederhana ini. (ochim)

photo by Samsung GT-C3322

41 tanggapan untuk “Cara Mengatasi Body Getar pada Motor Bebek”

  1. bandingkan dengan motor sebelah, bautnya banyak,,,jd ya lebih gk berisik…
    miris dan ngakak ngelihat BC nye fby, katanya plastik h kayak ember,,,padahal material plastik yo itu2 saja, sami mawon,,,
    bedanya yamaha bautnya lebih akeh…lihat saja di kiri kanan speedo ada baut 2…

    1. Mungkin bukan bahan plastik/ jumlah baut yg lebih banyak.

      coba bongkar syap/ batok motor Y, sbelum baut/ sambungan dibuatkan karet agar menghindari getaran.

  2. ╔═╦╦═╦╦╦╗╔═╦╦═╦╦╦╗
    ║╚╣║║║║║║║╚╣║║║║║║
    ╠╗║║╔╬╬╬╣╠╗║║╔╬╬╬╣
    ╚═╩╩╝╚╩╩╝╚═╩╩╝╚╩╩╝

  3. kualitas plastik paling bagus punya suzuki.. kilapnya tahan lama hampir diseluruh bagian motor..:D tapi itu dulu.. sekarang plastik kinclongnya cuma sekitar 40%

  4. mas, material plastik itu gak sama lho, ada ratusan macam bahan baku plastik dan kombinasinya mcm2, mungkin ribuan kombinasi, so kualitas plastik gak sama. kalo mtr skrg krn ngejar harga murah n fast production, kualitas plastiknya emang beda dg mtr jmn dulu, saya mbandingin plastik ymh alfa n supra ane (kebetulan punya 2-2-nya) yg supra plastiknya getas (brittle) kalo yg alfa lebih lentur so wlpun jauh lebih tua alfa (1993), tp gak ada body yg pecah, padahal vibrasi mesin 2T lebih kuat loh, kalo supranya sih knp ya, plastik body, pegangan baut, pd pecah2 dg sendirinya (baru 5 thun)

  5. Wah makasih mas infonya sangat bermanfaat sekali pastinya buat motor-motor yang usianya sudah cukup senja. Motor saya Karisma kira2 sudah 7 tahun ,,, bergetar bodynya…ga enak banget kalo lewat jalan yang kurang mulus,,,serasa ada gempa kecil dan bunyinya itu …. krek…krek….ngik…ngik…. sudah sering diakalin juga diganjel yang sudah longgar-longgarnya. Tapi tetap saja bunyi itu tetap ada. Thanks a lot…

  6. Coba bro pake plastik bodynya motor TVS kualitasnya kayaknya blm ada yg ngalahin se Indonesia. Diinjek, dipukul-pukul, ditendang kuat dan anti pecah dan getar, yang penting asal jangan ditabrakin sama besi atau batu aja

  7. Kalo ane cuma nambahin ring pada baut dasboard yang nempel ke stang. Ring nya berada diantara dasboard dan stang. Sehingga dasbboard sedikit tertarik kebelakang. Dengan begitu ketika batok depan dipasang, jadi lebih ketat/ngeplak

Tinggalkan Balasan ke raikhan Batalkan balasan