Informasi Umum

Dampak Negatif Penggunaan Gadget Secara Berlebihan

Manusia yang hidup di jaman sekarang ini berada pada masa yang serba canggih, banyak informasi dari belahan dunia manapun bisa di akses dengan mudah hanya dengan alat atau barang elektronik yang mempunyai fungsi khusus. Sangat menguntungkan memang bisa melakukan aktivitas seperti browsing-browsing atau berselancar di dunia maya hanya dengan sebuah perangkat canggih yang bisa dengan mudah kita operasikan. Perangkat gadget inipun juga sudah menjamur di lingkungan kita bahkan pengguna usia anak-anak pun sudah bisa mengaksesnya.

pict: google

Namun tahukah anda, dari informasi yang saya dapatkan ternyata penggunaan secara berlebihan dari perangkat gadget tersebut ada efek bahayanya lho bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa gadget yang berbahaya jika kita gunakan terlalu lama:

1. Laptop dan Komputer

Riset yang dilakukan oleh National Institute of Occupational Safety and Healty Los Angelesmenghasilkan sebuah fakta tentang penyakit yang diderita pengguna laptop. Penyakit ini bernama Computer Vision Syndrom.

Kelainan ini terjadi jika kita terlalu lama memfokuskan mata ke monitor komputer dan laptop. Gejala yang ditimbulkan adalah pandangan kabur, nyeri di kepala, sakit leher, mata terasa lelah, kering dan iritasi. Bahkan saya pernah membaca suatu artikel bahwa dengan memangku laptop terlalu lama bisa mengganggu tingkat kesuburan seseorang.

2. Ipods
Terlalu lama mendengarkan musik menggunakan Ipods bisa menyebabkan gangguan pendengaran karena paparan kebisingan yang berlebihan.

3. Smart Phone
Radiasi yang ditimbulkan dari ponsel dapat membahayakan mata, penglihatan kabur, dan bisa melemahkan kerja otak.

4. Game Player
Terlalu lama memainkan game player dapat mengakibatkan nyeri punggung dan pada akhirnya akan berakibat pada pertumbuhan tulang yang tidak sempurna, seperti bungkuk.

Naah…oleh sebab itu lebih baik gunakan beberapa perangkat gadget tersebut seperlunya saja dan tidak berlebihan. Karena pembaca sekalian pasti sudah tahu kan sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. (Ochim)

3 tanggapan untuk “Dampak Negatif Penggunaan Gadget Secara Berlebihan”

Tinggalkan komentar