Bis Hasti, Riwayatmu Kini…

Hasti Jurusan Kediri - Surabaya, Saya foto ketika berhenti di Pasar Brangkal, Mojokerto

Hasti Jurusan Kediri – Surabaya, Saya foto ketika berhenti di Pasar Brangkal, Mojokerto

Bis yang satu ini dulunya sempat menjadi primadona bagi para calon penumpang, khususnya warga Kediri dan sekitarnya. Karena memang markasnya di kawasan Kediri, yaitu di depan RS. Baptis Kota Kediri. Terkenal suka ngebut dan beradu kecepatan dengan bis lainnya. Sepengetahuan saya, bis ini membuka trayek Kediri – Pare – Surabaya, Kediri – Pare – Malang dan Surabaya – Madiun – Solo, semuanya kalau nggak salah kelas ekonomi, cmiiw. Saya dulu waktu masih SD sempat merasakan beberapa kali naik bis ini untuk liburan di rumah saudara di Malang.

Bisa dibayangkan, di jalur yang menanjak dan berkelok-kelok bis ukuran 3/4 ini bisa ngebut, bahkan ketika harus beriringan dengan rivalnya yaitu PO. Puspa Indah, keduanya saling bersalipan. Nggak heran dulu sering terdengar kabar kecelakaan mengenai Hasti. Saya masih inget dulu Hasti pernah nyungsep masuk kali di kawasan Tertek – Pare, katanya sih karena rem blong, ngeri banget.

Terakhir naik bis Hasti ketika saya pulang sekolah MTs di Pare menuju Kandangan, saya nyegat di halte Garuda Pare, dari jauh kelihatan Hasti menuju Malang mau lewat, saya sudah grogi duluan, grogi bakalan naik roler coaster,hahahhaahaa. Lalu saya pernah jemput temen kuliah di terminal Landungsari, kalau nggak salah tahun 2009, waktu itu doi turun dari bis Hasti. Setelah itu saya sudah nggak pernah lihat bis Hasti ini lagi, kecuali Hasti jurusan Kediri – Pare – Surabaya dengan armada lawas yang masih eksis hingga sekarang, seperti yang saya foto diatas.

Oya bis Hasti ini juga ternyata sudah banyak di kenal di tempat wisata, banyak yang sudah tahu kalau bis Hasti ini berasal dari Kota Kediri. Hal ini saya ketahui dari obolan saya dengan pedagang cinderamata di tempat parkir wisata Candi Borobudur. Obrolan ini berlangsung dahulu ketika saya masih SD lagi tour dengan temen-temen ke Jogja. Saya lagi duduk disebuah warung lalu di tanya pedagang mengenai tempat tinggal, saya bilang di Kediri. lalu beliau bilang ” oh..naik bis Hasti itu ya? (sambil beliau nunjuk Hasti terparkir di seberang warung), kebetulan kami memang menggunakan jasa tour Po. Hasti.

Last… sangat disayangkan Hasti sekarang meredup bersama armada-armada lawasnya, nggak bisa mengimbangi PO-PO lain yang lagi bersaing panas untuk merebut hati penumpang dengan menawarkan fasilitas terbaik, seperti adanya fasilitas AC tarif biasa serta tempat duduk yang nyaman sekelas bis Patas, tentu saja Hasti makin ketinggalan jika tetap bertahan dengan armada seadanya. (Ochim)

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

21 responses to “Bis Hasti, Riwayatmu Kini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: