Pengalaman Naik Angkot Kota Mojokerto, Potong Kompas diluar Rutenya

line-a-kota-mojokertoSudah tidak asing bagi saya kalau mobil angkutan umum (MPU) terkadang tidak melewati rute yang sebenarnya, cenderung potong kompas untuk memperpendek jarak tempuh. Hal ini dilakukan karena rute yang tidak dilalui tersebut dianggap sepi penumpang. Namun yang membuat saya prihatin adalah ternyata angkot di Kota Mojokerto juga ada yang tidak melewati rute yang seharusnya. Padahal ini angkutan kota yang harusnya menurut saya ramai penumpang, ternyata juga sepi.

Ini saya ketahui beberapa waktu lalu ketika naik angkot dari terminal Mojokerto mau ke rumah kontrakan kawasan Magersari. Di selter pemberangkatan terminal MPU, tidak ada angkot yang ngetem, tapi diluar terminal ada 2 angkot line A dan B yang berjajar. Ada 3 orang yang berdiri di dekat angkot tersebut, saya mendekat lalu salah satu dari mereka menanyakan tujuan saya..

 “mau kemana mas?”

 saya jawab, “perum magersari pak”

 angkot-mojokertolalu orang tersebut menunjukkan line A yang ternyata sudah ada 3 penumpang di dalamnya, tapi saya di luar saja menunggu keberangkatannya. Sekitar 10 menit kemudian angkot berangkat dengan membawa 4 penumpang termasuk saya.

Sempat menaikkan penumpang 1 orang kemudian turun di depan Pasar Tanjung. Hingga akhirnya jalan yang menuju ke alun-alun tidak dilewati, langsung potong kompas lewat jalan lain, kemudian di rute lain juga tidak dilewati. Asumsi saya mungkin karena sepi penumpang jadinya pak sopir ambil rute terpendek agar bisa langsung kembali lagi ke terminal.

Oya saya jadi penumpang terakhir saat turun di depan perumahan, karena penumpang yang lain sudah pada turun di kawasan Pasar tanjung dan di persimpangan jalan arah ke alun-alun Kota.

Prihatin juga melihat kondisi angkot yang sekarang ini mulai ditinggalkan oleh para penumpang. Mereka lebih memilih memakai kendaraan pribadi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. (Ochim)

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

Tinggalkan Balasan

