Akibat Mengabaikan Tanda-tanda Tak Normal pada Espass

espass-biruSebelum Espass mogok pada perjalanan mudik kemarin, sebenarnya ada tanda-tanda yang menurut saya memang tidak wajar. Yaitu beberapa hari sebelumnya, gas terasa sering brebet, awalnya Cuma pas pada gigi rendah saja, namun lama-lama merata bahkan pada posisi gigi puncak. Saya pikir mungkin karena setelan karbu atau platina saja yang kurang pas, bisa juga busi setengah mati. Namun saya abaikan karena menjelang lebaran banyak bangkel yang penuh, lagian kalau masalahnya seperti yang saya perkirakan tadi, masih bisa ditunda lah๐Ÿ˜€

Saya berpikir seperti itu karena beberapa hari sebelum mudik pernah masuk bengkel untuk check up, dan hasilnya, yang berhubungan dengan pengapian masih bagus, hanya ada beberapa yang diganti baru termasuk filter bensin.

speedometer-espass-1995Kemudian tanda kerusakan yang lain adalah lampu indikator aki yang padam. Jadi beberapa hari sebelumnya, indikator ini memang tidak menyala ketika pertama kali kontak saya ON-kan. Biasanya kontak posisi ON itu indikator yang nyala adalah Hand rem, oli dan aki, nah ini yang nyala cuma hand rem (ketika hand rem posisi aktif) dan indikator oli. Ini bener-bener saya abaikan dan tidak saya cari tahu penyebabnya. Biasanya kalau ada tanda yang tidak wajar, setidaknya saya browsing cari informasi mengenai tanda kerusakan.

Walhasil mogok deh seperti yang saya ceritakan di artikel sebelumnya. Penyebab utamanya ya karena dinamo ampere yang tidak konek, sehingga kelistrikannya jadi kacau. (Ochim)

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

7 responses to “Akibat Mengabaikan Tanda-tanda Tak Normal pada Espass

Tinggalkan Balasan

