Mesin Honda NMP Tiba-tiba Ngempos

honda-nmp-2010Masih pagi saat berangkat kerja, baru jalan 2 km tiba-tiba mesin NMP mati mendadak, ini terjadi ketika saya kopling mau turunin gigi dari 4 ke 3. Lalu saya coba stater pakai kick stater berkali-kali tapi nggak mau hidup. Yang saya heran kok terasa enteng staterannya, lha kenek opo iki??

Kemudian saya biarin sebentar sambil menenangakan diri, karena panik motor nggak mau jalan. Sekitar 5 menit kemudian saya coba pakai stater tangan ternyata langsung, bruuum…! doi mau hidup lagi, langsung pakai jalan seperti biasa sambil bertanya-tanya.

Setelah sampai di sekolah, saya browsing-browsing mengenai masalah tadi. Beberapa artikel menjelaskan ternyata penyebabnya adalah kondisi klep yang kotor, di dalam ruang bakar sudah banyak keraknya, bisa juga karena klep sudah waktunya di skur. Solusi yang paling mudah cukup isi bahan bakar dengan pertamax, fungsinya untuk membersihkan kerak pada ruang bakar. Ya uwes nanti bakal isi pertamax saja untuk sementara waktu. Tapi kalau misalnya sering terjadi ngempos kayak gitu, solusi akhir ya kudu buka mesin untuk membersihkan ruang bakar. (Ochim)  

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

10 responses to “Mesin Honda NMP Tiba-tiba Ngempos

Tinggalkan Balasan

