Espass Mogok Ketika Dipakai Mudik

espass-biruIni jadi pengalaman pahit buat saya selama mengendarai Espass. Doi ngambek ketika dalam perjalanan mudik kemarin dari Magetan menuju Kandangan (Kediri) bersama anak dan istri, tepatnya di depan Pondok Al-Falah Mojo, Kediri. Awalnya saya memang sengaja berhenti di depan pondok Al-Falah karena lagi menunggu ortu yang kebetulan lagi silaturahmi ke beberapa keluarga di kawasan pondok tersebut. Niatnya mau sekalian pulang bareng ke Kandangan. Oya waktu itu rute perjalanan saya dari jalur selatan yaitu dari Magetan ke arah Ponorogo – Trenggalek – Tulungagung – Kediri.

Nah ketika mau jalan lagi, putar kontak posisi ON tapi ketika di start mesin nggak mau nyala, Cuma bunyi “tek…tek…tek..tek…” begitu terus. Wah kok kayak nggak ada setrum sama sekali, padahal sebelumnya sempat dua kali berhenti di kawasan Pogalan dan Durenan (Trenggalek) dan kondisi masih lancar ketika di stater lagi.

Ya uwes terpaksa menghidupkan Espass pakai metode dorong, bapak mencoba stater kemudian saya dan saudara mendorong. Alhamdulillah mau hidup lagi. Anak dan istri saya pindahkan ke mobil panther yang dibawa bapak, kemudian bapak ikut saya di dalam Espass, sementara panther mengikuti di belakang dengan dikendarai oleh saudara saya.

espass-di-depan-pondokNamun ketika dipakai jalan sampai di mbulak kawasan Pagu, pas jalan kok tiba-tiba mati lagi, di dorong sudah nggak mau hidup lagi, terpaksa mandeg dulu, sementara bapak nyari bantuan untuk menarik si Espass dan saya nungguin mobil, waktu itu sudah pas mau maghrib. Bisa dibayangin nelangsanya nungguin mobil mogok, ditengah sawah, apalagi pas hari mau gelap, komplit wes.

Namun tiba-tiba saja ada seorang bapak-bapak mengendarai motor Supra X 125 mendatangi saya menanyakan kondisi si Espass. Setelah saya jelaskan permasalahannya, si Bapak ini dengan cekatan membuka tutup mesin yang berada di dalam kabin, beliau langsung memeriksa kondisi dinamo ampere, kemudian meminta untuk di dorong lagi untuk menyalakan mesin, ternyata berhasil, namun suara klakson pelan banget.

Pada saat kondisi mesin nyala, beliau mencoba memeriksa kondisi dinamo ampere dengan menempelkan obeng ke ujung putaran dinamo ampere, ternyata obeng tersebut masih bisa menempel seperti magnet, tanda bahwa dinamo ampere masih bagus, lalu memeriksa kondisi kabel di sekitar dinamo, ada sebuah soket/konektor yang ternyata tidak terpasang dengan sempurna, bisa diartikan soket tersebut sudah aus atau berkarat, sehingga kabel tidak menyambung sempurna.

Kemudian rumah soket yang terbuat dari plastik tersebut dibuka paksa untuk mengambil pen atau tembaga di dalamnya kemudian disambungkan ke kedua kabel, lalu mencoba menyambung kabel dengan cara biasa (disambung pakai isolasi). Alhamdulillah mesin Espass bisa di stater lagi tanpa di dorong, lampu-lampu nyala normal, wiper juga bergerak, yang artinya kelistrikan sudah kembali normal. Kata bapak yang memperbaiki, kondisi seperti itu namanya “dinamo tidak konek” disebabkan soket penyambung dua kabel tidak terpasang sempurna mungkin karena sudah aus atau terdapat kotoran maupun karat didalamnya.

Beliau berpesan agar nanti kalau sudah sampai rumah, kabel yang terhubung sementara tadi harus dibelikan soket baru dengan jumlah kabel dua atau soket double. Akhirnya Espass sudah normal kembali dan saya menanyakan ongkosnya, si bapak tadi minta 100 ribu. Alhamdulillah… beruntung saya ketemu oleh seorang bapak tadi yang membantu memperbaiki Espass dengan peralatan seadanya, bapak yang belum sempat saya ketahui namanya itu lalu melanjutkan perjalanannya. (Ochim)

Iklan

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

8 responses to “Espass Mogok Ketika Dipakai Mudik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: