Selamat Datang Daihatsu Espass

espass biruSetelah melakukan pencarian yang melelahkan, akhirnya pilihan jatuh ke mobil daihatsu espass keluaran tahun 1995. Banyak saudara yang bilang, kenapa pakai espass lagi? Kan sudah pernah merasakan espass ortu (yang kebetulan sudah dijual 6 bulan yang lalu). Pertimbangan saya, dalam proses pencarian tersebut kebetulan ada espass ini dalam kondisi yang relatif masih bagus, baik mesin maupun bodinya.

Dalam proses pencarian, saya menyesuaikan dengan dana yang ada, yaitu antara 30 – 35 jutaan. Mobil yang saya minati dalam rentang harga tersebut adalah Suzuki Forsa, Honda Civic Wonder, Corolla GL/SE, Daihatsu Espass serta Zebra Bodytech. Namun ternyata yang dapat duluan si Espass ini.

Setelah menebusnya dengan harga 32.5 juta, mobil langsung saya bawa ke bengkel untuk cek beberapa komponen yang harus segera diganti, karena mobil ini bakal dipakai wara – wiri termasuk saat lebaran, saya nggak mau ada kerusakan dalam perjalanan.

espass biru 2Yang wajib dilakukan penggantian adalah timing belt, part yang satu ini fungsinya sangat vital, jika sampai putus ditengah jalan, maka berakibat kerusakan parah pada mesin espass. Oleh karena itu, harus segera diganti agar tahu riwayat usia part tersebut. Sekedar diketahui, usia pakai timing belt ini adalah 50.000 km, jadi kalau sudah melewati angka tersebut harus segera diganti.

Memang kata penjualnya sih katanya masih bagus dan nggak perlu diganti, tapi siapa yang bisa menjamin? Saya tidak percaya begitu saja. Lagian harga part ini murah kok, saya beli di toko Sarinah Kediri dapat harga 280 ribu buatan daihatsu.

Kemudian penggantian oli mesin, gardan serta transmisi yang menghabiskan dana 350 ribu. Selain itu ada beberapa part kecil yang menurut mekanik memang harus diganti. Untuk mesin sendiri Alhamdulillah masih cukup fit dan nggak ada yang perlu diperbaiki. Mudah-mudahan lancar disetiap perjalanan pakai espass ini dan nggak begitu banyak jajan😀 (Ochim)

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

10 responses to “Selamat Datang Daihatsu Espass

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: