Iklan Mobil Tidak Sesuai dengan Kenyataan

civic wonderBeberapa hari yang lalu saya lihat iklan di olx mengenai mobil Honda Civic Wonder, disitu keterangannya bahwa kondisi mobil sangat mulus, tinggal pakai, AC dingin serta semua kelebihan ditunjukkan. Wah saya tertarik lalu mencoba menghubungi nomor si penjualnya untuk melihat mobilnya. Lokasi rumahnya di sekitar Bogo, Papar. Namun bapak penjual ini bersedia datang ke rumah saya untuk memperlihatkan mobilnya, pikir saya malah kebeneran, nggak usah repot-repot kesana, soalnya cukup jauh sekitar 25 km dari rumah saya.

Sore hari akhirnya si pemilik mobil datang, kesan pertama saya melihatnya kok dekil banget, penuh debu, oh paling habis dipakai dan belum dicuci. Kemudian saya berlanjut melihat detail bodi-bodinya masih presisi, tidak ada bekas penyok maupun cat tambalan, sepertinya masih original. Berikutnya saya buka kap mesin, memang terlihat bersih, namun ada sedikit basah pada silinder blok, saya colek seperti oli, kayaknya ada yang merembes.

Kemudian lanjut ke kabinnya, kok nggak menarik blas, terlihat kusam, seperti mobil yang sudah lama tidak jalan, karet lantai juga tidak ada, trus juga bau pengap. Saya iseng buka bagasi belakang lalu cek lantai bagasi bagian pojok, ada tambalan semacam patri disana, warna perak, seperti tambalan panci, kemudian saya tutup bagasi, eh doi nggak mau nutup, saya banting agak keras tetap mental terbuka. Walah..

civic wonder 2Bapak saya mau mencoba menjalankan, saya ikut dan duduk sebelah sopir, kesan pertama menjalankan ketika injak kopling, ada sesuatu yang bunyi seperti besi beradu, kemudian pada saat menjalankannya, ada suara getar entah dari mesin atau bodi, kalau kata bapak sih suaranya keluar dari belakang.

Ketika jalan juga nampak tidak nyaman, entah apanya, yang jelas pada saat mengendarainya terasa aneh, suara mesin juga kasar. Saya coba nyalakan AC, yang keluar hanya angin saja, tidak terasa hawa dingin hingga sekitar 10 menitan. Wah bener-bener nggak sesuai seperti yang di iklan, ini pasti mulai banyak perbaikan dimana-mana. Tapi saya langsung berlagak cuek saja, tidak menawar dan tidak tanya-tanya lagi, ajak ngobrol yang lain.

Mungkin beginilah seninya nyari mobil bekas, yang penting telaten saja dan sabar, tidak terlalu terburu, siapa tahu dapat mobil yang masih bagus meskipun tahun lawas. (Ochim)

Iklan

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

14 responses to “Iklan Mobil Tidak Sesuai dengan Kenyataan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: