Lampu Rumah Meredup

Kantor PLN Kota MojokertoTadi malem ketika saya terbangun sekitar jam 1, melihat lampu ruang tamu kok sepertinya nggak begitu terang, saya pikir mungkin karena saya baru bangun jadi pandangan mata masih belum sempurna. Kemudian saya lihat lampu neon teras hanya menyala merah di ujungnya, wah kayaknya listrik mau padam.

Saya kemudian melihat rumah tetangga kok lampunya nyala normal, rumah samping saya juga begitu. Lha ini kenapa dengan listrik dirumah saya? Saya langsung mencari senter dan menyiapkan lilin. Asumsi saya ini mungkin tegangan listrik turun, lalu saya mematikan listrik dari saklar kwh meter.

Melihat listrik tetangga yang nggak padam alias nyala normal, berarti cuma dirumah saya tok, saya coba mematikan lampu dan peralatan elektronik satu per satu, mungkin ada yang nggak normal, ternyata nggak ada yang aneh, normal saja. Ya uwes saya langsung bergegas mengeluarkan motor dari garasi untuk segera menuju ke kantor PLN. Setahu saya ada kantor PLN yang buka 24 jam, lokasinya berada di timurnya alun-alun Kota Mojokerto.

Saat perjalanan keluar perumahan, ternyata saya menemui 2 rumah yang lampu terasnya redup bahkan berwarna kemerahan, wah ada yang senasib nih. Sengaja saya nggak telpon PLN, mending langsung datang saja ke kantornya ben manteb, takutnya nggak segera dilayani.

Setelah sampai kantor PLN, memang buka 24 jam, saya masuk kantor dan didalam ada 2 orang disana.

“Assalamu’alaikum… Pak rumah saya lampunya redup itu kenapa ya? Padahal rumah tetangga nyala normal” keluh saya.

Salah satu bapak-bapak dibelakang meja jawab, “Perumahan Magersari ya? Sudah ada petugas disana yang memperbaiki, memang ada gangguan mas”

Begitulah inti pembicaraan saya dengan petugas PLN setelah ngobrol-ngobrol sebentar, ternyata memang ada gangguan dan sudah ada petugas yang meluncur untuk memperbaiki. Tapi saya nggak tahu mereka dimana memperbaikinya. Ya uwes yang penting sudah direspon, saya langsung pulang dan ketika masuk perumahan, sebagian rumah yang gelap langsung menyala, berarti rumah saya sudah bisa dinyalakan.

Sudah sampai rumah saya langsung memindahkan saklar kwh pada posisi ON dan “byaarr…” Alhamdulillah sudah nyala. Kasus ini bisa saja terjadi di rumah siapa saja namun sangat jarang terjadi. Ketika terjadi penurunan tegangan, yaitu dengan ditandai lampu redup bahkan ada yang mati, lebih baik saklar pada kwh dimatikan saja. Karena dikhawatirkan akan merusak peralatan elektronik di rumah seperti kulkas, TV, AC, dll. (Ochim)

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

11 responses to “Lampu Rumah Meredup

Tinggalkan Balasan

