Riding Ngebut Ternyata Belum Tentu Cepat Sampai Tujuan

speedometer suprax125Saat riding dijalan kadang menemui pengendara yang nggak sabaran, maunya ngebut terus dan terlihat buru-buru banget, padahal di depannya juga banyak kendaraan lain yang sama-sama melintas. Saya juga pernah seperti itu, ketika terburu-buru maka yang harus saya lakukan adalah ngegas lebih dalam agar laju motor lebih cepat.

Tapi ternyata keputusan saya untuk ngebut agar cepat sampai di tujuan itu meleset. Dulu ketika masih kuliah di Malang, waktu tempuh saya naik motor dari rumah Kandangan menuju Malang adalah 1,5 jam, dengan jarak 66 km. Entah saya jalannya biasa saja maupun ngebut, tetap saja menghabiskan waktu 1,5 jam dijalan, dengan kondisi jalan normal lho ya, nggak ada hambatan macet ataupun lainnya.

Honda Grand '96Jadi suatu waktu pernah saya harus buru-buru ke Malang karena ngejar waktu kuliah jam 07.00, nah saya harusnya berangkat jam 05.30, tapi karena persiapan berangkat yang agak molor hingga berangkat pukul 05.45, saya harus riding agak cepet dari biasanya. Masuk jalan raya Kandangan-Malang saya langsung tancap gas, kecepatan rata-rata 80-90 kpj (dijalan lurus), melewati jalan berkelok-kelok di slatri juga tetep ngegas maksimal sesuai kondisi jalan. Asumsi saya, kalau jalan ngebut gini mungkin bisa memperpendek waktu tempuh saya dan berharap masuk kuliah tepat waktu. Ternyata salah, saya baru masuk kampus pada pukul 07.20, saya terlambat. Padahal saya sudah ngoyo dijalan, pikiran rada tegang, konsentrasi penuh karena ngebut, sampai ditujuan masih saja terlambat. Hal ini terus berulang dengan situasi yang berbeda.

Kemudian sekarang saat berangkat kerja, saya start dari Kota Mojokerto menuju Puncu (Kediri), waktu tempuh saya biasanya 1 jam 20 menit dengan jarak tempuh 60 km, berangkat pukul 06.00 dan sampai di Puncu sekitar pukul 07.20. Ketika berangkat nggak sesuai jadwal saya alias agak molor, saya berangkat buru-buru dengan harapan saya nggak terlambat, tapi ternyata waktu tempuh saya nggak berubah, tetap 1 jam 20 menit. So, ternyata sia-sia saja saya ngebut dijalan.

Saya berfikir, percuma saya ngebut, selap-selip dan melakukan manuver diluar kebiasaan, ternyata nggak akan merubah waktu tempuh. Hal ini mungkin karena dijalan banyak sekali halangan seperti beberapa kendaraan mobil maupun motor dengan kecepatan bervariasi, ada yang berjalan lambat, normal, ngebut, pokoknya banyak halangan sehingga menyebabkan saya mengurangi kecepatan dan waktu tempuh jadi tidak lebih cepat dari yang diharapkan. (Ochim)

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

10 responses to “Riding Ngebut Ternyata Belum Tentu Cepat Sampai Tujuan

Tinggalkan Balasan

