Pakai Motor Dengan Sistem Rem Tromol

ngaso di SPBU Ngantang

ngaso di SPBU Ngantang

Seperti yang telah kita ketahui, pada kendaraan bermotor terdapat 2 jenis sistem pengereman, yaitu rem tromol dan cakram. Nah motor yang sehari-hari saya pakai adalah Supra X 125 menggunakan sistem rem cakram, memiliki keunggulan daya pengereman yang cukup baik, lebih pakem dibanding tromol. Kedua perbedaan Ini bener-bener saya rasakan karena motor saya sebelumnya adalah Honda Grand yang memakai sistem rem tromol.

Nah karena sudah terbiasa pakai motor dengan rem cakram, kemudian ganti motor dengan rem depan tromol, membuat saya cukup was-was ketika mengendarainya, apalagi dipakai perjalanan jauh.

Kebetulan kemarin saya riding ke Malang menggunakan motor Honda Fit S punya istri, Fit S ini rem depannya pakai tromol,walhasil saya riding dengan kecepatan yang lebih lambat dari biasanya. Agak nggak pede ketika beriringan dengan motor di depan saya, kudu sedikit menjauh. Apalagi saat melewati jalan menurun, harus ekstra waspada dan sabar.

Tahu sendiri kan kalau dari arah Malang menuju Kandangan kondisi jalannya relatif menurun, apalagi saat melintas di kawasan slatri, banyak tikungan balasan dan menurun, bener-bener menggoda untuk melakukan aksi cornering, tapi karena remnya nggak begitu pakem kayak saya pakai Supra125, ya cuma jalan biasa saja. (Ochim)

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

2 responses to “Pakai Motor Dengan Sistem Rem Tromol

Tinggalkan Balasan

