Berbuka Puasa di dalam Bis Sumber Selamat

Sumber Selamat Jurusan Surabaya - YogyakartaIni pertama kalinya saya harus berbuka di dalam bis, makan dengan menu seadanya, mengandalkan jajanan yang dibawa para pedagang asongan. Karena memang ketika start perjalanan dari rumah Magetan sudah terlalu sore sekitar jam 15.30. Tujuan saya adalah pulang ke Kandangan yang biasanya menempuh perjalanan 4 jam dari terminal Maospati. Jadi sudah dipastikan kalau nanti masuk waktu maghrib saya masih diatas bis.

Naik bis Sumber Selamat dari Terminal Maospati, sang driver main tancap gas menuju ke timur sampai Surabaya. Bis ini lumayan ngebut, kebetulan arus lalu lintas masih sepi, belum nampak ada penumpukan kendaraan mudik di ruas jalur tengah Jawa Timur ini, mungkin karena lebaran masih kurang seminggu lebih jadi belum banyak yang melakukan perjalanan mudik.

Pukul 17.30 saya masih sampai di Wilangan, Nganjuk. Namun masih ragu apakah kawasan ini sudah masuk maghrib? Dari dalam bis juga nggak begitu denger suara adzan dari masjid di pinggir jalan. Ya sudah saya tunggu saja sampai pukul 17.40 baru saya mulai berbuka dengan air botol yang sengaja saya bawa dari rumah Magetan.

Kabin bis Sumber SelamatPukul 17.50 Bis Sumber Selamat mulai masuk Terminal Anjuk Ladang Nganjuk, langsung diserbu oleh belasan pedagang asongan yang naik bis untuk menawarkan dagangan mereka, ada tahu goreng, lumpia, kacang godog, minuman dingin, makanan oleh-oleh dan masih banyak lagi yang ditawarkan. Namun saya nggak tertarik, saya menunggu ada pedagang asongan yang jual nasi bungkus.

nasi bungkusDikerumunan pedagang asongan tersebut, ternyata ada yang jual nasi bungkus, ya uwes langsung beli 1 bungkus seharga 5000 perak dan 1 lumpia seharga 2000 perak. Lauknya nasi bungkus cuma mie goreng, sejumput sambel goreng tempe dan sedikit telor goreng, Alhamdulillah rasanya cukup “terarah”, awalnya saya ragu seperti apa rasanya nasi bungkus dagangan para asongan. Meskipun porsinya sedikit, yang penting sudah berbuka pakai nasi😀

Pukul 18.05 bis mulai beranjak meninggalkan Terminal dan langsung injak gas lebih dalam menuju Surabaya, saya rencananya turun di Terminal Jombang lalu oper bis Puspa Indah tujuan Malang, berharap nantinya masih ada bis Puspa Indah yang ngetem di Terminal Jombang, karena setahu saya Bis warna biru tersebut keberangkatan terakhir pukul 19.40, dan harapan saya sebelum jam tersebut sudah sampai di Jombang.

Terminal jombangAlhamdulillah tepat pukul 19.30 saya turun di Terminal Kepuhsari Jombang dan langsung berjalan cepat menuju shelter keberangkatan bis, dari kejauhan nampak ada Bis warna biru lagi ngetem, amaan…masih dapat bis terakhir menuju Malang dan saya numpang sampai Kandangan.  (Ochim)

note:

tarif bis Sumber Selamat Maospati – Jombang : 16.000

tarif bis Puspa Indah Jombang – Kandangan : 8000

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

6 responses to “Berbuka Puasa di dalam Bis Sumber Selamat

Tinggalkan Balasan

