“Dihajar” Penjual Bakso Rombong di Songgoriti

Bakso Utama Dewi Sri

Pengalaman ini nggak akan saya lupakan, ini terjadi sudah lama ketika masa-masa terakhir jaman kuliah di Malang. Jadi saat perjalanan pulang dari Malang menuju Kandangan, ketika itu sampai di kawasan songgoriti, saya berhenti untuk beli bakso rombong yang saat itu lagi melintas di pinggir jalan.

Saya bungkus sebanyak 4 porsi, waktu bapak penjual bakso lagi proses meracik 4 bungkus bakso, saya tanya harganya berapa semuanya? Si bapak Cuma bilang “nanti dihitung mas” saya merasa aneh, memangnya kenapa kok dihitung nanti, ya udah saya manut saja nunggu si bapak kelar bungkusin bakso.

Setelah si bapak sudah bungkusin semua bakso pesenan saya, sambil menyerahkan bungkusan bakso dalam kresek, doi bilang “semua 48 ribu mas…” weleeeh??! Saya sempat bengong sebentar lalu dengan tangan berat mencari duit di dompet, ketemu duit 50 ribuan dan saya serahkan ke bapak penjual bakso tersebut, dapat kembalian 2 ribu perak.

Bakso MalangEdiaaan tenan… saya nggak bisa berbuat banyak, 1 porsi bakso dihargai 12 ribu, padahal waktu itu harga standar bakso rombong sekitar 4 – 5 ribuan, ya sudah…terpaksa bayar, la wong baksonya sudah di bungkusin, masa’ nggak dibayar. Mau protes karena terlalu mahal?? halah…saya orangnya nggak mau ribut, apalagi dijalan.

Untuk isinya sih standar bakso rombong tapi kok harganya menggila. Saya yakin ini dikerjain penjual bakso sialan itu. Saya baru inget dulu bapak pernah cerita kalau penjual bakso rombong di kawasan Payung, Batu dan sekitarnya, jika ada penglaju yang lagi beli bakso pinggir jalan, harganya di patok mahal semua. Oleh karena itu kalau mau beli bakso pinggir jalan lebih baik langsung bilang harga yang kita minta di awal pemesanan, misalnya saat datengi penjual bakso langsung bilang “baksonya 5 ribuan pak…” dengan begitu, nanti pas mau bayar ya tinggal bayarin sesuai harga yang kita sebutkan tadi di awal.

Memang nggak semua penjual bakso rombong di kawasan Batu seperti itu, terbukti saya pernah juga mampir beli bakso rombong di halte songgoriti dan penjual bakso rombong di depan hotel-hotel kawasan Batu, tanpa saya meminta harga di awal, si tukang bakso ini mematok harga standar ketika saya mau bayar. Walaupun begitu, kita harus tetap hati-hati jika ingin membeli bakso rombong di kawasan Batu, sebutkan harga sesuai keinginan kita di awal, kalau doi nggak mau ya tinggalkan saja, cari penjual bakso yang lain. (Ochim)

Iklan

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

9 responses to ““Dihajar” Penjual Bakso Rombong di Songgoriti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: