Tanda Odometer Motor Pernah Dicopot/dimatikan

Speedometer Supra X 125Melanjutkan bahasan yang kemarin, kalau misalnya menemui motor bekas yang mau dibeli dengan odometer rendah, kudu hati-hati, harus lebih detail lagi saat melihatnya. Apakah motor tersebut bener-bener jarang dipakai atau sengaja diputus atau dimunduran angka odometernya.

Pertama yang harus diperhatikan adalah karet pada footstep atau pijakan kaki pengendara, kalau karet tersebut sudah terlihat aus atau tipis, berarti motor tersebut kondisinya sudah jalan jauh, tapi kalau masih tebal bentuknya, bisa jadi motor tersebut memang bener-bener jarang di pakai atau cuma dipakai jarak dekat saja.

Kedua, periksa karet pada handgrip, jika terasa halus dan mengeras, itu berarti sudah sering digenggam, tapi jika terasa kasar seperti kulit jeruk, motor memang jarang dipakai.

Ketiga, Periksa tahun produksi ban, cermati 4 angka pada bibir ban, dari angka tersebut kita tahu tahun berapa ban di produksi. Misalnya tertera angka 3214, itu artinya ban di produksi pada minggu ke 32 pada tahun 2014. Sedangkan motor yang mau dibeli produksi tahun 2012 misalnya, itu artinya sudah pernah ganti ban sejak motor baru tahun 2012.

Keempat, pastikan kondisi baut masih sempurna khususnya pada mesin motor. Saat motor baru keluar dari pabrik, harus melewati quality control untuk memastikan motor tersebut sudah layak atau belum untuk di distribusikan ke dealer-dealer. Pengecekan ini mulai sasis, kelistrikan sampai ke baut-baut mesin. Nah ketika sudah melewati quality control, pada baut-baut tersebut terdapat cat untuk menandai bahwa motor tersebut sudah melalui inspeksi keseluruhan. Jika cat pada baut tersebut terkelupas atau hilang, berarti mesin pernah dibongkar. Motor dengan odometer rendah nggak mungkin mengalami pembongkaran baut mesin.

Kelima, perhatikan kabel speedometer, jika pada ujung baut speedometer bagian roda sudah ada luka, itu berarti sudah pernah dibongkar atau dilepas.

Last… itulah beberapa hal yang harus diperhatikan para pembeli motor bekas saat menemui motor dengan odometer rendah. Harus lebih teliti lagi lihatnya, apakah bener-bener jarang dipakai atau malah ada rekayasa odometer dengan memundurkan atau pernah di matikan. (Ochim)

sumber: disini

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

4 responses to “Tanda Odometer Motor Pernah Dicopot/dimatikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: