Roda Depan Espass Keluar Asap

daihatsu espass tahun 1996Beberapa hari yang lalu saya riding ke Malang bawa si Espass, berangkat dari rumah Kandangan sekitar jam 2 siang. Misinya sih mau boyongan kos adik saya yang lagi kuliah di Malang. Saat sampai di Pandesari-Pujon, saya berpikir pengen nyoba lewat jalan tembusan Gunung Banyak, jadi nggak melewati kawasan Payung-Batu. Jalan yang saya lewati ini kondisinya menurun tajam dan aspalnya baru, jadi saya pikir lewat situ saja (beberapa waktu lalu jalan tersebut rusak berat).

Gunung banyak

(foto lama) kondisi jalan Gunung Banyak menurun dari arah Pujon

Sesaat sebelum melewati turunan, saya sudah siap-siap nantinya akan mengerem dengan teknik injak-lepas-injak secara perlahan, hal ini untuk menghindari kampas rem terlampau panas. Okeh, setelah mulai menurun yang awalnya landai saya rem biasa saja untuk mengurangi kecepatan, injak agak lama sampai kecepatan sesuai, kemudian pada saat mulai menurun tajam saya mulai gunakan teknik injak-lepas-injak dengan perlahan, hingga akhirnya turunan tajam sudah terlewati, sempat tercium bau kampas tapi pikir saya wajar mungkin karena habis ngerem melalui turunan.

(foto lama) kondisi jalan Gunung Banyak menanjak dari arah Batu

(foto lama) kondisi jalan Gunung Banyak menanjak dari arah Batu

Setelah itu memasuki daerah villa-villa yang turunannya mulai landai, saya kembali mengerem seperti biasa. Hingga sampai keluar di jalan raya, beberapa meter sebelum perempatan Pesanggarahan tercium bau kampas sangat menyengat lalu keluar asap putih disamping kanan saya, kaget karena ada asap nggak wajar kontan saya berhenti pas sebelum perempatan. Saya buru-buru keluar melihat keluarnya asap yang ternyata dari ban depan-kanan.

Kebetulan di depan ada Avanza lagi parkir dan ada sopirnya di dalam. Doi ikut keluar dari mobilnya sambil melihat si espass, katanya saya ngeremnya keterusan, nggak pakai injak-lepas-injak, padahal saya sudah pakai teknik demikian.

Saya pikir mungkin kondisi rem espass lagi kurang fit, karena beberapa bulan yang lalu pernah lewat jalan yang nanjak ekstrim kemudian turun di jalan yang sama di kawasan Plaosan-Magetan masih aman saja, nggak ada bau kampas rem atau keluar asap. Ya uwes tunggu sebentar sekitar 15 menit untuk mengurangi panas pada kampas remnya. (Ochim)

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

5 responses to “Roda Depan Espass Keluar Asap

Tinggalkan Balasan

