Merusak Botol Oli Bekas

botol oli bekasKemarin malam kebetulan saya lagi melakukan penggantian oli mesin pada motor istri, standarnya untuk penggantian oli mesin adalah setiap 2000 km sekali, namun karena motor istri nggak pernah jalan jauh, biasanya saya ganti setiap 3 bulan sekali. Beda dengan motor saya yang setiap hari menempuh perjalanan jauh sekitar 120 km PP, penggantian oli saya lakukan setiap 2000 km atau bahkan kurang dari angka tersebut, dan biasanya tercapai setiap bulan.

Lha… yang jadi perhatian setelah ganti oli adalah kemasan botolnya, setelah oli baru tertuang ke dalam blok mesin, hendaknya kita merusak kemasan botol olinya sebelum dibuang. Hal ini untuk mengantisipasi atau mencegah pemalsuan oli yang beredar di pasaran.

Seperti yang telah kita ketahui, kemasan oli palsu yang beredar sekarang bener-bener memakai botol asli dari produsen, sehingga sulit membedakan mana yang oli asli dan palsu. Ternyata mereka para pelaku pemalsuan oli melakukan rekondisi oli bekas yang biasanya terdapat di bengkel-bengkel motor dirubah menjadi oli rekondisi yang terlihat seperti baru. Kemudian untuk wadah kemasannya memakai botol oli bekas yang asli dan terlihat masih bagus, sedangkan kemasan botol ini biasanya mereka dapatkan dari para pemulung.

Nah untuk mencegahnya, sebaiknya kita merusak kemasan dulu sebelum dibuang, sehingga nantinya saat diambil seorang pemulung atau orang pencari botol bekas, mendapati botol kemasan tersebut sudah tidak dapat di daur ulang lagi karena kondisi botol yang telah dirusak sebelum dibuang. Dengan cara begini, paling tidak kita ikut memperlambat peredaran oli palsu yang marak di pasaran. Cara seperti ini sudah banyak dibahas dalam portal berita otomotif di internet. (Ochim)

Iklan

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

15 responses to “Merusak Botol Oli Bekas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: