Supra X 125 Waktunya Oversize

rawa di caruban Setelah menempuh 74 ribuan kilometer, akhirnya motor saya tumbang juga, dalam artian doi harus turun mesin karena ada beberapa part yang harus diganti dan diperbaiki. Motor Supra X 125 ini mengalami gejala-gejala nggak wajar, yaitu yang paling kentara adalah knalpot keluar asap putih saat di geber-geber, kemudian gejala lain saat lagi jalan biasa lalu di gas mendadak pas nyalip kendaraan di depan, timbul suara ngelitik cukup keras, tenaga hanya bertambah sedikit saat gas dibejek.

Gapura madiunGejala tersebut sebenarnya sudah saya rasakan sejak lama namun saya biarkan dulu, walaupun dalam hati sudah merasa panik, ngerasa bakal habis duit banyak 😀 Ketika ada waktu luang, saya iseng menyantroni bengkel ahass lalu menyampaikan keluhan motor lansiran 2009 tersebut. Mereka periksa nggak lama sekitar 10 menitan, lalu saya dipanggil dan mekanik menyampaikan hasil observasinya.

Gerbang Perbatasan Jatim-Jateng Menurut mas mekanik, motor saya sudah waktunya oversize alias ganti piston dengan yang lebih besar, kemudian colter silinder alias membesarkan ruang blok silinder, lalu skir klep juga.

Sori kalau bahasanya keliru, maklum saya awam urusan yang begituan.

Spontan saya melongo sambil menelan ludah atas hasil observasi mekanik, yowes saya tampung dulu laporannya, belum bisa turun mesin saat itu karena saya lagi nggak ada duit. Soale kata mas mekaniknya biaya kolter dan sebagainya itu sekitar 500 – 600 ribu perak.

jembatan ngeprih pujonBeberapa waktu kemudian saat dapat dana segar, baru bisa bawa motor kesayangan ini ke Ahass lagi, mempersilahkan mas mekanik untuk mengeksekusi mesin motor, dibongkar dan diperbaiki, “kemungkinan 3 hari baru kelar mas motornya, nanti tak hubungi”, begitu katanya. Wiiik…lama bener, ya uwes nggak masalah yang penting bisa sehat kembali.

nota servis besar di ahassSetelah 3 hari, saya di telpon mekanik dan doi bilang kalau motor sudah bisa diambil, lalu sekalian saya tanyakan biaya keseluruhan, doi menyebutkan 401.000 perak, Alhamdulillah nggak sampai 500 ribuan. Bergegas ke ahass dan membawa pulang Supra X 125 dengan senyum mengembang. Motor sudah kembali enak dikendarai, tambah responsif lagi. (Ochim)

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

3 responses to “Supra X 125 Waktunya Oversize

Tinggalkan Balasan

