Pengalaman Pakai Beberapa Motuba

Habis baca blognya smartf41z yang lagi ngomongin motuba-motuba yang pernah ada di keluarganya, saya kok jadi pengen ngangkat tema yang sama juga. Kalau di keluarga saya, pengalaman punya motuba atau mobil tua bangka pertama yaitu pada tahun 1998, pas saya masih usia SD kelas 5. Mobil yang pertama kali dibeli bapak adalah Suzuki Jimny kotrik tahun 1980 warna biru dongker. Waktu beli dulu seharga 8 jutaan dan kebetulan bapak belum bisa nyetir serta awam tentang mesin mobil, jadi tiap hari cuma bisa manasin mesin saja. Baru beberapa minggu kemudian bisa nyetir atas bantuan tetangga.

jimny kotrik

pict: google

Pertama megang mobil Kotrik ini, langsung benerin beberapa bagian, kalo nggak salah dulu terotnya bermasalah lalu persneling yang alot banget, susah buat masuk gigi 2 ke 3, berlanjut ke radiator yang sering overheat. Kemudian yang paling menelan dana lebih besar adalah turun mesin serta restorasi pengecatan seluruh bodi. Nah sebelum di cat, dilakukan pengelasan beberapa sudut bodi yang sudah sangat keropos.

Setelah turun mesin dan cat seluruh bodi, Kotrik ini sudah tinggal pakai saja, sudah nggak ada perbaikan lagi, siap diajak jalan jauh kapan saja tanpa khawatir ada masalah dijalan. Karena kebetulan tiap ada kerusakan langsung diperbaiki ke bengkel sama bapak.

pict: google

pict: google

Suatu hari ada tawaran mobil Daihatsu Zebra Body Tech tahun 1994, warnanya persis seperti poto diatas, bodinya cukup mulus dan suara mesin halus. Bapak kepincut akhirnya ditukar tambah saja, Kotrik waktu itu dihargai 20 juta pada tahun 2005 sedangkan Zebra Body tech harga sebenarnya 34 juta, jadi bapak nambahi 14 juta. Dapet Body Tech ini cukup mujur karena nggak ada perbaikan dari segi mesin, hanya perawatan ringan saja. Tapi hanya 2 tahun saja megang Body Tech, langsung dijual karena memang lagi butuh duit buat biaya pendidikan. (Ochim)

Bersambung…

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

10 responses to “Pengalaman Pakai Beberapa Motuba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: