Pengalaman Mengurus Mutasi SIM C

Beberapa waktu yang lalu saya mengurus perpanjangan SIM C yang sudah habis masa berlakunya per 12 agustus. Namun karena saya sudah pindah alamat KTP dari Kediri menjadi warga Magetan, maka diharuskan untuk mutasi SIM C kesana. Lalu jam 9 saat saya di kantor, ijin keluar dulu ke Polres untuk minta surat mutasi.

surat mutasi SIM C
Saat sampai disana, saya menuju ke loket 1 untuk tanya lebih jauh tentang proses mutasi SIM C. Kemudian saya diarahkan untuk langsung ke ruangan penyerahan SIM. Disitu saya menjelaskan tujuan saya lalu disuruh untuk foto copy KTP dan SIM masing-masing 2 lembar. Setelah fotocopy, salah satu petugas bilang kalau penerbitan surat mutasi keluar 3 minggu lagi, walah..lama banget… lalu saya diminta nomor HP untuk nantinya dihubungi jika sudah kelar suratnya.

Selang waktu 2 minggu kemudian saya dapat sms dari nomor nggak kenal, isinya menyatakan bahwa surat mutasi sudah bisa diambil, lalu saya cabut menuju Polres dan membayar 50 ribu saat mengambil surat tersebut. Karena masih repot di kantor, satu minggu kemudian baru saya ke Polres Magetan mengendarai GL Max untuk perpanjang SIM C sambil membawa surat mutasi.

Di Polres Magetan, saya datang ke loket 1 dulu sambil bawa surat mutasi, lalu petugasnya menyuruh saya untuk minta surat kesehatan dulu (tanpa diperiksa) yang tempatnya di depan Polres lalu fotocopy KTP 2 lembar, sudah kelar lalu bayar 15 ribu untuk surat kesehatan. Berkas surat kesehatan, 2 lembar fotocopy KTP dan surat mutasi saya serahkan ke loket 1 lagi lalu saya dikasih formulir untuk diisi dan diserahkan ke loket 2. Di loket 2 ini saya membayar perpanjangan sebanyak 75 ribu. Kemudian setelah bayar perpanjangan, berkas saya bawa ke loket 3 untuk nanti akan diterbitkan SIM.

Surat pengganti SIM C
Nah proses ini yang lama banget, saya sampai nunggu 2 jam untuk dipanggil proses foto dan penerbitan SIM. Setelah dipanggil dan foto, ternyata saya hanya dikasih surat keterangan pengganti SIM C, dikarenakan stok material SIM habis. Saya disuruh kembali lagi seminggu kemudian untuk mengambil SIM C yang sebenarnya, walah… (Ochim)

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

23 responses to “Pengalaman Mengurus Mutasi SIM C

Tinggalkan Balasan

