Lahar Hujan Masih Mengancam Warga Lereng Kelud

berita lahar hujan keludPasca erupsi kelud 6 bulan yang lalu, ternyata masih menyisakan ancaman banjir lahar hujan yang lebih berbahaya. Hal ini karena di puncak kelud sana masih menyimpan sisa material vulkanik sebanyak 60 juta meter kubik.

Ancaman banjir lahar hujan ini datang jika hujan turun dengan deras yang diperkirakan akan datang pada bulan oktober nanti. Menurut badan meteorologi dan geofisika, pada bulan oktober adalah saat tingginya curah hujan di kawasan Kelud dan sekitarnya.

kali konto3Jika lahar hujan turun, maka beberapa aliran sungai di kawasan Kediri dan Blitar akan terancam. Khususnya warga yang kebetulan tinggal di bantaran sungai yang teraliri lahar hujan harus waspada. Di kawasan Kediri, ada 8 aliran sungai yang bakal dialiri lahar hujan, 8 aliran sungai ini tersebar di 4 kecamatan yaitu Plosoklaten, Puncu, Kepung dan Kandangan. Nah wilayah Kandangan ini ada kali konto yang kebetulan dekat dengan tempat tinggal saya, sekitar 1 km, cukup membuat saya khawatir juga.

Walaupun diperkirakan bakal mengalir dalam jumlah lebih besar dibanding beberapa waktu lalu, semoga saja warga yang tinggal di lereng kelud dan bantaran sungai yang berhulu di puncak kelud selalu dalam lindungan-Nya. (Ochim)

sumber: Harian Surya, edisi hari Kamis 4/9/2014

Iklan

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

17 responses to “Lahar Hujan Masih Mengancam Warga Lereng Kelud

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: