Ada yang Bersyukur Ketika Kelud Erupsi

Kepulan asap Kelud yang masih terlihat pasca erupsi

Kepulan asap Kelud yang masih terlihat pasca erupsi

Pasca bencana erupsi Kelud beberapa bulan lalu, menyisakan trauma yang mendalam serta kehilangan harta benda. Beberapa rumah warga serta instansi pemerintah yang berada di lereng Kelud rusak parah, khususnya atap bangunan yang terkena hujan batu.

Walaupun begitu, ternyata  ada salah satu warga lereng Kelud yang merasa bersyukur saat Kelud memuntahkan material vulkanik, khususnya warga Puncu. Ini saya ketahui saat lagi ngobrol dengan bapak-bapak di sebuah warung di dekat sekolah. Waktu itu tema obrolan memang lagi ngomongin suasana malam ketika Kelud meletus pukul 22.40.

Bapak tersebut sengaja nggak ikut mengungsi seperti warga lainnya karena sedang menunggu ibunya yang sakit dirumah. Beliau juga merasa aman dirumahnya nggak akan terjadi apa-apa. Padahal rumah termasuk dekat kurang dari 10 km dari puncak Kelud.

Beliau melihat dengan mata kepala sendiri dalam radius lebih dekat, muntahan material vulkanik berwarna merah seperti api disertai asap tebal memancar keluar dari puncak Kelud, menurut gambarannya, seperti kembang api, terus menerus menyembur di barengi suara gemuruh dan suara genting yang dijatuhi batu kerikil di atap rumahnya. Bapak yang berprofesi sebagai penjual lpg ini melihatnya dari teras rumah. Waktu itu sudah nggak ada warga lagi, Puncu seperti desa mati, hanya ada beliau dan ibunya yang sudah tua di dalam rumah.

Beruntung sekali katanya bisa melihat secara langsung bagaimana kelud meletus dan merupakan anugerah tersendiri melihat fenomena alam tersebut. Baginya, letusan Kelud adalah suatu pertunjukkan alam yang menakjubkan yang nggak ada tandingannya. Sebelumnya pada letusan kelud tahun 1990, beliau nggak bisa melihat secara langsung, hanya ikut mengungsi saja seperti warga yang lain. (Ochim)

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

4 responses to “Ada yang Bersyukur Ketika Kelud Erupsi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: