Ediaaan…!! Perjalanan Magetan – Kandangan 9 jam

Ochim1929Baru kali ini saya merasakan macet yang luar biasa, kemana-mana sudah nggak bisa bergerak, hanya sesekali jalan sebentar lalu berhenti lagi cukup lama. Ini saya alami ketika mudik H+2 dari Magetan menuju rumah saya di Kediri tepatnya di Kandangan. Normalnya, perjalanan saya pakai mobil 4 jam saja, sedangkan pakai motor biasanya saya tempuh 3,5 jam.

Kalau musim lebaran tahun kemarin, perjalanan mudik saya Magetan – Kandangan sedikit molor sampai 6 jam, itu pun menurut saya sudah terlalu lama. Yang paling sering macet adalah ketika mendekati perlintasan kereta di kawasan Saradan dan Wilangan yang beberapa kali saya temui.

Macet di wilanganSedangkan perjalanan mudik kemarin, bener-bener parah. Macet nggak terurai saya temui mulai dari gapura perbatasan Madiun-Nganjuk, sampai di ring road Nganjuk. Waktu 3 jam saya habiskan hanya di Nganjuk saja. Ketika mendekati terminal Anjuk Ladang-Nganjuk, semua kendaraan harus belok kiri menuju ringroad, begitu juga dari arah timur. Jadi untuk kota Nganjuk bebas kendaraan.

Rencana saya mau ke arah Kediri Kota melalui beberapa persimpangan di Nganjuk Kota yang nantinya ambil jalur ke selatan, tapi karena akses menuju kota sudah ditutup dan harus melalui ringroad, saya jadi bingung nanti bakal lewat mana.

Ketika perjalanan macet dan berjalan lambat saya temui perempatan di ring road, saya ambil kanan saja yang terlihat sepi, saya pikir, jalan ini pastinya menuju Kota Nganjuk, kebetulan perempatan tersebut tidak ditutup. Setelah bisa keluar dari macet panjang, saya dan istri kelaparan, ya uwes cari warung dulu lalu lanjut perjalanan lagi menuju selatan mencari jalan ke Kediri Kota.

Ternyata Kota Nganjuk bener-bener sepi, di setiap persimpangan ada polisi yang jaga lalu saya tanyakan jalan menuju Kota Kediri. Saya diarahkan menuju jalan Mastrip lalu ke selatan mengikuti jalan tersebut, nantinya bakal ketemu jalan menuju Loceret, yaitu kawasan jalan raya Nganjuk-Kediri.

Sampai Loceret, saya mampir di masjid pojok perempatan Loceret untuk sholat maghrib sekalian istirahat. Setelah berhenti selama 30 menit, saya lanjutkan perjalanan, dari Loceret – Kediri – Pare sampai Kandangan kondisi lalu lintas lancar, sehingga saya bisa segera sampai rumah pada pukul 20.30. Kalau dihitung sejak keberangkatan dari Magetan, saya menghabiskan waktu tempuh hingga 9 jam, bener-bener waktu yang terlalu lama untuk jarak tempuh 136 km. Setelah mengalami kemacetan ini, saya mulai mempertimbangkan untuk mencoba jalur selatan saja untuk mudik tahun depan. (Ochim)

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

22 responses to “Ediaaan…!! Perjalanan Magetan – Kandangan 9 jam

Tinggalkan Balasan

