Kabut di Jalan Raya Trowulan

Jalan raya Trowulan Tadi pagi pukul 06.00 saya berangkat kerja dari Mojokerto menuju Puncu, mengendarai motor dengan kecepatan sedang saja antara 70 – 80 kpj. Jalan di kawasan kota masih terlihat sepi, hanya beberapa titik saja terlihat ramai karena ada penjual sayur yang jadi tempat ngumpulnya para ibu-ibu 😀

Setelah keluar dari Kota Mojokerto, sekitar 8 km kemudian saya melewati daerah Trowulan dengan disambut kabut tipis. Hal ini sudah biasa terjadi di kawasan Trowulan bahkan sampai di Mojoagung, terkadang kalau pagi sebelum jam 6 malah kabutnya bisa sampai tebal dan sedikit membatasi jarak pandang. Sebenarnya saya selalu bertanya-tanya ketika lewat sini, kenapa mesti ada kabut putih yang menghiasi jalan raya Trowulan? padahal kan jika dilihat dari letak geografis menurut saya daerah situ bukan dataran tinggi, bahkan udaranya juga nggak begitu dingin seperti di pegunungan.

Saya lalu iseng browsing-browsing cari tahu masalah kabut di Trowulan, salah satu artikel sejarah menyebutkan bahwa kabut Trowulan tersebut adalah sebagai pertahanan alam atau benteng untuk menyamarkan atau mengelabui keberadaan Kerajaan Majapahit dari serangan musuh pada jaman dahulu.

Saya akhirnya baru sadar, bahwa dulu di tanah Mojokerto ini pernah ada satu kerajaan besar yang bernama Majapahit dan peninggalannya banyak ditemukan di sekitar Trowulan. Salah satu peninggalannya yang pernah saya kunjungi adalah Kolam Segaran. (Ochim)

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

24 responses to “Kabut di Jalan Raya Trowulan

Tinggalkan Balasan

