Melihat Sisa Aliran lahar Dingin di Pondok Agung, Kasembon

GL MAXHari minggu mumpung lagi manyun di rumah, mending jalan-jalan saja yang deket-deket. Keluarin motor GL Max dari garasi lalu berjalan pelan menuju Kasembon, nggak ada niat mau kemana masih belum ada tujuan. Hingga akhirnya ketemu SPBU di kawasan Kasembon, isi 4 liter saja lalu jalan lagi. Setelah keluar dari SPBU, saya putuskan untuk berwisata bencana di daerah Pondok Agung, Kasembon.

Menurut temen guru, jalan dari Pondok Agung menuju Kepung dan Pare melalui waduk Siman sudah putus diterjang Lahar dingin. Saya baru sadar bahwa di kawasan waduk Siman pasti dilewati lahar yang kemarin sudah mengalir di kali konto dekat rumah saya. Ya uwes langsung geber gas pelan-pelan menuju Pondok Agung. Dari jalan raya Kasembon, ada penunjuk jalan ke kanan menuju PLTA Mendalan dan Siman atau jurusan ke Pondok Agung, saya geser kanan tombol sein motor saya.

imagesMelewati rumah penduduk yang asri, kemudian ketemu sawah yang luas, hingga pada akhirnya ketemu suasana yang rindang. Kondisi jalan relatif halus hanya terkadang menemui aspal yang bercampur tanah liat dan sedikit becek. Perjalanan kurang lebih 8 km sejak dari jalan raya.

Setelah memasuki Desa Pondok Agung, sepanjang perjalanan saya sudah menemui aliran sungai yang kemarin di lewati lahar dingin, sungai berada di kanan jalan. Saya sempatkan berhenti dulu untuk melihat kondisi sungainya. Ini penampakannya…

Ochim1248

Ochim1245Puncak Kelud samar-samar terlihat…

Ochim1244Kemudian saya melanjutkan perjalanan lagi, menemui pertigaan besar dengan penunjuk jalan belok kanan menuju Kepung dan Pare, kalau lurus menuju waduk Mendalan dan Selorejo.

Ochim1240Saya ambil jalan ke kanan sampai menemui Gardu induk Siman lalu beberapa meter lagi tampak penyeberangan atau jembatan lahar yang sudah putus….

Ochim1234Masih banyak pengunjung yang melihat-lihat jembatan penyeberangan yang di lalui lahar dingin.

Ochim1235

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

10 responses to “Melihat Sisa Aliran lahar Dingin di Pondok Agung, Kasembon

Tinggalkan Balasan

