Berkunjung ke Kolam Segaran, Situs Peninggalan Kerajaan Majapahit

images1Awalnya saya penasaran dengan beberapa situs peninggalan Kerajaan Majapahit di Kabupaten Mojokerto. Hingga akhirnya kemarin siang menjelang sore pukul 14.30, saya berniat untuk datang ke Trowulan yang memang banyak sekali situs peninggalan Kerajaan kuno tersebut. Yang saya cari adalah museum Trowulan, karena menurut saya di sekitar museum pasti juga terdapat beberapa peninggalan seperti candi atau sesuatu yang berhubungan dengan Majapahit.

images2Berangkat bareng saudara kembar saya omanfaqod dengan bawa motor sendiri-sendiri, saya bawa Mio punya ibuk dan oman pakai si kotak tenaga badak alias GL Max kesayangannya 😀 . Kita bawa motor sendiri karena kebetulan doi lagi mau balik ke Sidoarjo, sedangkan tujuan saya hanya ke Trowulan saja, jadi nanti langsung pulang ke Kandangan.

Perjalanan yang saya lewati adalah Kandangan – Ngoro – Bareng – Mojoagung – Trowulan yang menurut odometer Mio berjarak 32 km. Nah setelah sampai di perempatan Trowulan saya belok kanan menuju museum Trowulan sekitar 1 km. Dalam perjalanan tersebut saya melewati sebuah kolam yang sangat luas di kelilingi pagar besi. Kemudian saya menyempatkan untuk berhenti sebentar untuk melihat-lihat dan mencari bagaimana saya bisa masuk ke area kolam tersebut, karena saya melihat ada beberapa orang yang duduk di pinggiran kolam.

images4Ternyata di ujung pagar kolam ada jalan masuk yang hanya bisa dilewati motor dan nanti ada beberapa pintu kecil menuju kolam tersebut. Saya agak tertatih melewati jalan sempit karena agak becek. Setelah parkirin motor lalu saya masuk area kolam melalui pintu kecil serta harus melewati tanggul… Dan akhirnya… nih dia penampakannya…

images3

lagi… 😀images5dan satu lagi… 😀 😀

images6suasananya sepi banget, hanya ada beberapa orang yang sekedar nongkrong atau mancing. Airnya juga tenang, enak banget kalau buat merefresh pikiran 😀

Mengenai profil kolam ini, saya cari di google, dulunya tempat ini adalah untuk penggemblengan pasukan perang laut sebelum nantinya akan di kirim ke suatu wilayah untuk melakukan ekspansi. Namun dari satu sumber yang lain ada yang menyatakan bahwa Kolam Segaran ini dimanfaatkan para raja Majapahit untuk bercengkerama dengan permaisuri dan selirnya.

Setelah menghabiskan waktu sebentar disini, saya langsung cabut pulang karena sudah mulai grimis dan memang sudah sore. Kami berpisah di kolam ini untuk melanjutkan perjalanan yang berbeda. Kembaran saya mau ke Sidoarjo sedangkan saya langsung pulang. Melewati jalan raya lalu saat sampai di pertigaan terminal Mojoagung, saya belok kiri mengambil arah Malang/Kediri/Wonosalam.

images7Hanya jalan 1 km saja, tiba-tiba hujan mulai turun dengan deras, saya menghentikan Mio di pinggir jalan untuk memakai mantel dulu.

images8Selesai pakai mantel, lanjut ngegas lagi dengan kecepatan 60-70 kpj. Yang harus diperhatikan dari jalan ini adalah masih adanya lubang yang cukup dalam meskipun nggak terlalu banyak seperti setahun yang lalu, tapi tetap diwaspadai biar nggak terperosok. (Ochim)

Iklan

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

32 responses to “Berkunjung ke Kolam Segaran, Situs Peninggalan Kerajaan Majapahit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: