Honda CS1, Diantara Kelebihan dan Kekurangan

Honda CS1Sejak riding beriringan dengan CS1 di kawasan Kota Batu kemarin, saya jadi tergelitik untuk mencari informasi lebih banyak lagi mengenai motor tersebut. Bertemu saat di Pendem menuju ke barat sampai berpisah di Songgoriti (doi lewat tanjakan Gunung Banyak, sedangkan saya lurus melewati Payung), saya sengaja mengikutinya dari belakang sambil memperhatikannya lagi jalan😀 . Motor ini terlihat sangat berkarakter, nggak ada yang nyamain di jalan. Bisa di bilang memang bukan termasuk motor sejuta umat kayak Supra X 125, Revo, Beat, Vario 125, dll.😀😀😀

CS1 full boxProduk Honda yang satu ini memang terlihat sangat berbeda dari motor lainnya. Baik dari segi desain yang bisa dibilang nggak umum, lalu juga dari segi dapur pacu yang superior seperti engine Honda Sonic. Namun banyak yang mencaci karena bentuknya yang nanggung, aneh, terutama dari wajah yang terlihat seperti domba garut (saya bingung yang mananya mirip domba garut). Bahkan ada yang menyebutkan setirnya kayak model perahu boat, ada-ada saja😀 Kemudian banyak yang mengatakan kalau sparepart CS1 ini susah dicari, radiator yang gampang bocor, dan masih banyak lagi nada negatif yang di sematkan si cesi tersebut.

Saya pernah konfirmasi ke temen yang kebetulan penunggang CS1 (Foto diatas), menurut penuturannya, doi nggak pernah mengalami apa yang pernah di singgung dalam forum dunia maya yang menyebutkan sisi negatifnya dari segi mesin. Selama ini sudah 4 tahun sejak beli dulu, belum pernah mengalami kendala masalah mesin, hanya perawatan rutin saja yang dia lakukan. Untuk perjalanan jauh pun dia juga nggak menemui kendala, kebetulan setiap minggu ada jadwal rutin melakukan perjalanan mudik sejauh 130 km, nggak pernah rewel.

Kemudian dari review pemilik CS1 yang lain, dia sangat puas dengan segala yang ada pada Honda CS1, riding position terbilang nyaman dan nggak mudah capek, ini sangat recomended untuk turing jarak jauh, handling mantab, enak buat selap selip di kemacetan kota, stabil di kecepatan tinggi, performa mesin cukup baik apalagi saat di geber di rentang 7000-9500 RPM, tenaganya ngisi.

Kalau di bandingkan dengan motor bebek lain yang sekelas, lewat semua. Malah katanya berani di adu dengan Jupiter MX. Satu lagi kelebihannya Honda CS1, panel spidometer yang sudah full digital, semua indikator yang dibutuhkan tersedia semua, komplit ada odometer, indikator bensin, RPM, hanya jam saja yang nggak ada😀

Walaupun begitu, memang ada kelemahannya selain karena desain yang dianggap aneh, komsumsi BBM terbilang boros, rata-rata dalam satu liter bisa menempuh 40 – 45 km. Sedangkan kapasitas tanki hanya 4 literan saja, bakal sering mampir SPBU nih. Lalu untuk jok, terasa keras, saat riding 2 jam, sudah mulai nggak enak, pantat terasa panas. Tapi masih bisa diakali dengan menambah busa biar lebih tebal sedikit.

Kelemahan lain menurut temen saya, saat di geber di jalanan menanjak, ternyata mesin 125 cc nggak bisa meladeni alias tenaga ngos-ngosan. Ground clearance termasuk rendah, jadi agak was-was saat melibas polisi tidur, takut gasruk.

Sekarang ngomongin hasil penjualannya. Jika dilihat dari hasil penjualan pada bulan Januari tahun 2013, hanya terjual 6 unit saja. Asumsi saya mungkin penggemar roda dua di tanah air sebagian besar kurang menerima karena desain yang terlihat nggak lazim, padahal Honda menawarkan spesifikasi mesin yang diatas rata-rata. Anda bisa cari di google mengenai sepsifikasi lengkapnya. Kemudian Asumsi yang kedua, menurut saya banderol yang kelewat mahal. dengan harga 17 jutaan, rasanya terlalu mahal untuk mendapatkan motor hanya dengan kapasitas mesin 125 cc.

Last…saya rasa jangan terpengaruh oleh komentar-komentar yang belum jelas kebenarannya. Alangkah lebih baik mencari informasi yang sebenarnya dari pengguna Honda CS1 sendiri sehingga tingkat kevalidannya bisa dijadikan acuan. (Ochim)

 sumber:

http://proleevo.wordpress.com/2013/06/10/honda-cs1-untuk-turing-why-not/

http://rec303.wordpress.com/2013/04/04/share-review-pengalaman-memiliki-hond-city-sport-1-cs1/

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

42 responses to “Honda CS1, Diantara Kelebihan dan Kekurangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: