Uji Coba Jalur Satu Arah di Kota Malang

images1Beberapa waktu yang lalu saat saya ke Malang, ternyata ada perubahan jalur di beberapa ruas jalan menjadi satu arah. Sudah bisa ditebak bahwa kebijakan one way ini tentunya untuk mengurai kemacetan di beberapa titik. Di mulai dari pertigaan Dinoyo, kendaraan dari arah Batu nggak boleh belok kanan namun langsung lurus saja.

Lalu jalan dari arah Sukarno-Hatta ke selatan, nggak boleh belok kanan atau ke Barat tetapi harus belok kiri. Jadi dari arah Sukarno-Hatta jika ingin ke Batu atau ke Barat, harus memutar dulu melewati Jalan Panjaitan, Jalan Bogor, Jalan Bandung, lalu dari perempatan ITN belok kanan melewati jalan Gajayana yang sudah menjadi satu arah. Peraturan one way ini ternyata tidak berlaku bagi angkutan umum, alias masih bebas di jalur seperti biasanya.

images3Namun ternyata kebijakan ini menuai banyak protes dari warga khususnya yang tinggal di kawasan Jalan Panjaitan. Saat saya melewati jalan tersebut, banyak warga membentangkan tulisan mengenai penolakan jalur satu arah. Warga juga mencoret-coret jalan dengan cat yang bertuliskan penolakan, sehingga jalan menjadi macet karena aksi warga tersebut. Warga menolak jalan satu arah karena hanya bikin macet saja dan usaha mereka menjadi sepi, nggak ada yang mampir. Berikut ini peta ruas jalan yang memberlakukan satu arah.

pict: atoksub.wordpress.com

pict: atoksub.wordpress.com

Saya sendiri nggak merasakan apakah benar dampak uji coba jalur satu arah tersebut malah bikin macet di beberapa ruas jalan yang sebelumnya lancar saja. Tentunya pemerintah masih mengkaji dan memikirkan efeknya jika memang peraturan tersebut benar-benar sudah dilaksanakan sepenuhnya. (Ochim)

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

8 responses to “Uji Coba Jalur Satu Arah di Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: