Perahu Tambang Kali Brantas, Transportasi Alternatif dari Papar Menuju Nganjuk

Perahu TambanganPerahu tambang atau tambangan adalah sebutan perahu penyeberang yang ada di kawasan Kediri dan sekitarnya sebagai sarana transportasi untuk menyeberang sungai brantas yang membentang dari wilayah selatan sampai utara Kediri. Jadi perahu tambang ini banyak tersebar di wilayah tertentu pinggiran sungai Brantas untuk membantu masyarakat yang melakukan kegiatan di barat sungai maupun sebaliknya.

Perahu Tambangan2Seperti perahu tambang yang saya lewati di kawasan Papar hari minggu kemarin, tambangan ini termasuk ramai karena kebetulan jalurnya sangat strategis untuk menuju Nganjuk – Madiun dari arah Pare dan sebaliknya, tapi hanya untuk kendaraan roda dua saja alias motor.

Perahu Tambangan3Jika melewati tambangan ini, kita bisa menghemat waktu tempuh lebih cepat lagi untuk sampai di Nganjuk. Karena tambangan di wilayah ini menghubungkan antara Kecamatan Papar Kabupaten Kediri di sisi timur dengan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk di sisi Barat sungai. Jadi dari perempatan Papar, kita mengambil arah ke barat atau kalau dari arah Pare, lurus saja nanti ada petunjuk jalan menuju perahu tambangan.

Namun saat saya lewati kemarin, ternyata kondisi aliran sungai sedang dangkal sehingga perahu nggak bisa buat menyeberang. Jadinya penyedia jasa penyebarangan membuat sesek bambu untuk menghubungkan sisi timur sampai ke ujung barat. Saat sampai di tengah nantinya kita membayar retribusi seribu perak saja. Biasanya sesek bambu hanya di tepi saja untuk menuju ke perahu tambangan yang akan menyeberang. (Ochim)

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

24 responses to “Perahu Tambang Kali Brantas, Transportasi Alternatif dari Papar Menuju Nganjuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: