Merugikan Tapi Sudah Membudaya

Terkadang disekitar kita ada suatu hal yang menurut kita sebenarnya mengganggu tapi kita biarkan saja. Entah itu karena bukan urusan kita atau mungkin karena nggak mau ribet. Contohnya saja ketika ada tetangga lagi mantu, pasti memasang sound besar yang tujuannya untuk memeriahkan acara pernikahan.

Dekor PernikahanSetelah acara resepsi, biasanya ada lagi acara “buwuhan” atau istilah lain menyebutnya “nyumbang”, nah…pada acara itu operator sound system biasanya memutarkan lagu-lagu dengan volume yang cukup keras, dan lagu-lagunya adalah aliran dangdut koplo (ini nih yang saya nggak suka). Paling sumpek kalau ada lagu ginian trus diputer keras, weeesss…jian menggangu banget. Masih mending lagu dangdut melayu, campursari atau pop keroncong yang menurut saya lebih enak didengar. Mungkin dibilang saya ini nggak umum tapi memang kalau sudah ngomongin selera, nggak bisa digugat 😀 saya memang nggak suka lagu-lagu koplo.

Tahun kemarin saat acara nikahan kembaran saya, saya sudah menyiapkan lagu sendiri dan saya berikan file lagu-lagu gambus, menurut saya itu lebih cocok untuk acara pernikahan. Dan saya pesan ke operatornya untuk jangan terlalu kerasa volumenya biar nggak menggangu tetangga, yang penting para tamu undangan dengar dan bisa sambil ngobrol-ngobrol, kan enak tuh sambil mendengar lagu-lagu dan masih bisa saling komunikasi antar tamu.

Last…memang sudah sangat membudaya bahwa acara pernikahan selalu membunyikan lagu-lagu koploan dengan volume yang keras, dan nggak di pungkiri bahwa sangat mengganggu lingkungan terdekatnya. Namun alangkah baiknya kita sedikit berfikir dan lebih peka terhadap lingkungan, bagaimana kegiatan tersebut dibuat lebih nyaman dan nggak sampai merugikan orang lain. (Ochim)

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

18 responses to “Merugikan Tapi Sudah Membudaya

Tinggalkan Balasan

