Catatan Supra X 125 Setelah Menempuh 50.000 km

Supra X 125Well…akhirnya odometer motor saya sudah menyentuh angka 50.000 km dengan usia motor 3 tahun 9 bulan. Dalam usia tersebut saya sudah mengalami penggantian part-part tertentu yang sifatnya fast moving. Diantaranya adalah penggantian ban depan 1x,ban belakang 2x, kampas rem belakang 2x sedangkan kampas rem depan belum pernah ganti namun sudah terlihat tipis. Sebaiknya memang harus cepat diganti karena dikhawatirkan komponen tersebut akan menggerus permukaan piringan cakram. Kemudian dari pencahayaan, lampu senja sudah beberapa kali saya ganti karena memang sering putus. Menurut mekaniknya, untuk menyiasati biar nggak gampang putus, jangan menyalakan lampu senja saja tetapi sekalian dengan lampu utama. Entah kenapa begitu saya sendiri nggak ngerti kelistrikan😀

Speedometer Supra X 125Selanjutnya untuk part penggerak roda belakang, saya sudah pernah ganti 1 gear set ori. Awalnya rantai dulu yang saya ganti karena sudah mengendur walau sudah berkali-kali dikencangkan, lalu saya belikan rantai saja dan itu bertahan hanya setahun. Yach…maklum saja la wong saya belikan rantai yang abal-abal😀

Lalu dari segi bodi, ini nih yang cukup memusingkan, getar banget sampe berkekuatan sekian skala richter😀 khususnya di area dek tengah, apalagi ketika menggeber grip gas kenceng, suara getarnya makin keras. Ada beberapa bagian yang sudah saya treatmen karena getarnya, seperti pada batok lampu dan kaca speedometer saya kasih karet diantara dua bagian yang bersinggungan tersebut. Namun untuk yang bagian dek tengah nggak bisa saya atasi. Ada yang bilang memang semua bodi motor bebek khususnya Honda, terdapat “fitur getar” dan sudah menjadi ciri khas tersendiri.

Untuk mesin, masih aman-aman saja paling hanya ganti busi yang kalau nggak salah sudah 4 kali saya lakukan. Suara mesin juga masih sangat halus masih seperti dulu waktu baru. Penggantian oli juga nggak pernah telat, rutin saya catat tiap 2000 km sekali saya ganti. Untuk mesin saya memang beri perhatian penuh perawatannya biar usia pakai lebih lama dan menghindari kerusakan-kerusakan vital karena kelalaian perawatan.

Last…itulah beberapa part Supra X 125 yang sudah saya ganti setelah menempuh 50.000 kilometer, Mudah-mudahan nggak bikin rewel dijalan dan menyusahkan juragannya😀 serta mengantar kemana saja tanpa hambatan apapun. (Ochim)

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

45 responses to “Catatan Supra X 125 Setelah Menempuh 50.000 km

Tinggalkan Balasan

