Kelamaan Duduk Bisa Menurunkan Kesehatan

imagesAkhirnya bisa nge-blog lagi nih setelah kemarin-kemarin blog saya nggak bisa dibuka. Kali ini saya ingin share mengenai efek negatif dari duduk yang terlalu lama. Kelamaan duduk entah itu saat bekerja di kantor ataupun sedang riding ternyata bisa mempengaruhi kesehatan lho. Selain bikin punggung kaku juga bisa menyebabkan beberapa penyakit. Diantaranya adalah obesitas, tekanan darah tinggi serta serangan jantung.

Karena duduk bisa memperlambat metabolisme tubuh. Otot sama sekali tidak melakukan kontraksi kecuali saat duduk sambil jari melakukan pengetikan. Tapi otot yang ada di kaki ataupun punggung nggak ada pergerakan atau aktivitas. Menurut hasil penelitian Martha Grogan, kardiologis dari Mayo Clinic, Amerika Serikat, duduk dalam waktu lama seperti nyetir, bekerja atau nonton TV, sama merusaknya untuk kesehatan seperti rokok. Nah lho… serem juga kan?

Duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan ambeien karena aliran darah di sekitar anus terganggu. Tekanan yang terjadi secara terus-menerus di sekitar anus tersebut bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Nah pelebaran pembuluh darah inilah yang disebut ambeien.

Nah untuk mengimbanginya, sempatkan untuk melakukan pergerakan tubuh seperti berjalan kaki. Bisa juga dengan memarkir kendaraan yang agak jauh jadi kita bisa melakukan pergerakan jalan kaki sehingga memberikan kesempatan tubuh untuk bergerak. Kalau berada di kantor, sempatkan untuk jalan-jalan di sekitarnya, sekalian untuk refreshing sejenak dari kesibukan kerja. Ketika riding menggunakan motor, usahakan untuk istirahat setelah menempuh perjalanan 2 jam serta melakukan peregangan otot. (Ochim)

sumber: disini

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

4 responses to “Kelamaan Duduk Bisa Menurunkan Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: