Perjalanan Madiun – Jombang with Sumber Selamat

Sore itu pukul 17:15 saya sedang berada di Terminal Purboyo, Madiun. Berdiri di jalur pemberangkatan jurusan Surabaya namun tidak ada bis satu pun yang nongkrong di jalur tersebut, begitu juga di jalur pemberangkatan jurusan kota lain. Jadi di terminal ini hanya ada 1 armada bis yaitu Sumber Selamat yang lagi ngetem dengan tujuan Jogjakarta. Sedangkan tujuan saya adalah ke Jombang.

Sumber Selamat Jurusan Surabaya - YogyakartaSuasana terminal begitu ramai penumpang karena memang waktu itu adalah akhir pekan sekaligus hari-hari terakhir libur sekolah, jadi banyak anak usia sekolah lagi nenteng tas sedang berdiri di jalur pemberangkatan jurusan Surabaya. Sedangkan yang jurusan menuju Jogja hanya sedikit.

Terminal Purboyo

Tapi karena banyaknya penumpang yang menumpuk di terminal dan ketika bis jurusan Surabaya datang dengan kondisi full, maka saya mengurungkan niat untuk menaiki bis tersebut. Saya tunggu sampai nanti penumpang terangkut bis semua biar nanti saya dapat tempat duduk, karena perjalanan Madiun – Jombang masih jauh  sekitar 2 jam perjalanan.

Foto_0983Pukul 17:54 saya masih manyun di terminal ini karena penumpang masih banyak yang belum terangkut, hingga akhirnya masuk waktu maghrib saya putuskan untuk cari musholla saja untuk sholat dulu.

Pukul 18:15 saya kembali lagi di jalur pemberangkatan dan ternyata sudah sepi nggak ada penumpang lagi, namun bis yang akan membawa saya ke Jombang juga tidak ada, yowes nunggu lagi.

Nggak sampe 5 menit dari kejauhan nampak bis Sumber Selamat AC ekonomi tujuan Surabaya baru masuk jalur kedatangan dan sepertinya memang kondisi di dalamnya relatif kosong. Setelah bis berhenti di jalur pemberangkatan saya langsung naik beserta penumpang lain yang hanya beberapa orang saja.

Alhamdulillah dapat tempat duduk nomer dua dari belakang di seat 2 dekat jendela. Kesan pertama begitu masuk ke dalam  bis, langsung disambut oleh  hembusan udara dingin yang keluar dari lubang AC di atas tempat duduk penumpang. Ternyata bis ini hanya membawa sedikit penumpang dari arah Jogja jadi saya bisa bebas memilih tempat duduk.

Kabin bis Sumber SelamatSekitar 10 menit berhenti untuk mencari penumpang lalu tepat pukul 18:37 bis beranjak keluar meninggalkan terminal Purboyo dan langsung tancap gas menuju Surabaya dengan kondisi cuaca yang mulai gerimis. Bayar karcis ke kondektur 10.000 perak tujuan Jombang.

Sempat berhenti di daerah Nglames, Madiun, karena ada bis Mira tujuan Surabaya yang nampaknya mogok lalu para penumpang Mira memilih untuk menaiki bis saya, jadi sekarang banyak penumpang yang berdiri berdesakan karena ketambahan penumpang dari bis Mira tadi.

Pukul 19:35 bis telah sampai di terminal Anjuk Ladang, Nganjuk, dan ternyata banyak penumpang yang turun terminal sehingga sekarang bis kondisi kosong lagi, hanya ada sekitar 30 penumpang saja. Bis langsung berangkat lagi dan saya mulai ngantuk menyandarkan kepala sambil membuka sedikit lubang AC di atas kepala saya.

Pukul 20:48 saya sudah sampai terminal Kepuhsari Jombang, ternyata bis tidak sampai masuk terminal sehingga saya diturunkan di luar saja. Laah… saya jadinya jalan kaki masuk terminal untuk mengambil motor saya di penitipan motor dalam terminal. Setelah bayar 2000 perak dan keluarin motor, saya pasang jaket, helm serta sarung tangan dan langsung pulang ke Kandangan menempuh perjalanan 30 menit dengan kecepatan rata-rata 80 – 90 kpj. Alhamdulillah Pukul 21:29 saya sudah sampai di rumah dengan selamat lalu mengambil air wudhu untuk sholat isya kemudian langsung tidur. (Ochim)

About ochimkediri

Seorang Adam yang lahir di Malang dan tinggal di Kediri Lihat semua pos milik ochimkediri

16 responses to “Perjalanan Madiun – Jombang with Sumber Selamat

Tinggalkan Balasan

