Sholat Ied di Masjid An-nur Pare

Tepat hari ini tanggal 19 Agustus 2012 merayakan hari lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1433 Hijriyah. Saatnya melaksanakan sholat Ied nih, saya mengajak my twin Oman Faqod untuk sholat Ied di Masjid An-nur yang lokasinya ditengah kota Pare. Berangkat jam 06:05 dengan menyusuri jalan yang sepi sepanjang 12 km menuju ke barat. Padahal ini jalan raya lho, sepertinya orang-orang sudah pada stay tune di masjid.

Setelah sampai masjid, langsung cari parkir yang ternyata sudah penuh banget, agak lama tingak -tinguk cari tempat akhirnya dapet juga, motor langsung di standar samping.

saya nggak dapat tempat di dalam masjid karena ternyata sudah penuh sampai di luar, ya sudah langsung gelar sajadah di depan masjid dan mendengarkan kumandang takbir yang bersahutan dari toa.

Setelah mendengarkan sambutan yang dibacakan oleh wakil Bupati Kediri dan beberapa pengumuman, langsung mendirikan sholat Ied dan mendengarkan khutbah setelahnya.

Sekilas tentang masjid ini, arsitektur Jawanya bisa dilihat pada bentuk atap masjid. Karena masjid ini berada di Jawa Timur, maka dipilih bentuk dasar atap arsitektur tradisional Jawa, yaitu atap tajug untuk bangunan induknya, dan atap joglo untuk bangunan tempat masuk. Agar terkesan ekspresif, atap tajug dirancang berbentuk piramid pada bagian atasnya dengan kemiringan sudut yang dipertajam sedemikian rupa, sehingga diperoleh kesan atap yang menjulang ke langit. Demikian pula pemilihan bahan penutup atap yang mempunyai pertimbangan tersendiri. Bangunan beratap tajug dan joglo itu, konon, telah dikenal sejak masa kerajaan Kahuripan dan Doho.

Yup, itulah sekilas mengenai arsitektur masjid An-nur Pare – Kediri. Oya tak lupa saya ucapkan Selamat Hari Raya Idul fitri 1433 Hijriyah, mohon maaf lahir batin ya, saya meminta dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Mari kita sambut hari lebaran dengan berbahagia bersama keluarga 😀 (Ochim)

Iklan

About ochimkediri

semoga Allah SWT selalu melindungi setiap perjalananku... Lihat semua pos milik ochimkediri

2 responses to “Sholat Ied di Masjid An-nur Pare

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: